Keluarga

Ini 6 Manfaat Kulit Semangka, dari Meningkatkan Libido hingga Mengurangi Keriput

Ini 6 Manfaat Kulit Semangka, dari Meningkatkan Libido hingga Mengurangi Keriput

MOMSMONEY.ID - Catat, ini 6 manfaat kulit semangka yang tidak boleh Anda lewatkan.

Selain buahnya, semangka juga menyimpan manfaat yang luar biasa pada bagian kulitnya. Meski bisa dimakan, namun masih banyak orang yang enggan untuk mengonsumsi kulit semangka karena cenderung keras dan tawar.

Faktanya, kulit semangka tak hanya mengandung semua nutrisi yang ada di buahnya, tetapi juga memiliki konsentrasi antioksidan, mineral, vitamin, dan bahan aktif tertentu yang lebih tinggi. Kulit semangka juga dikemas dengan klorofil, citrulline, likopen, asam amino, flavonoid, dan fenolik yang padat.

Mampu meningkatkan libido hingga mengurangi keriput, berikut 6 manfaat kulit semangka sebagaimana dilansir dari Healthline dan Organic Facts.

Baca Juga: 4 Teh Herbal untuk Meningkatkan Kenikmatan Seks yang Layak Pasutri Coba

1. Meningkatkan kinerja seksual

Manfaat kulit semangka yang pertama yaitu meningkatkan kinerja seksual. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit semangka dapat membantu pria yang mengalami disfungsi ereksi ringan hingga sedang. Berkat kandungan asam amino citrulline yang terkandung di dalamnya, kulit semangka mampu membantu meningkatkan libido.

Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen L-citrulline dapat meningkatkan ereksi tanpa banyak efek samping.

Untuk meningkatkan kinerja seksual, Anda bisa menyemprotkan jus lemon dan menaburkan sedikit bubuk cabai ke atas kulit semangka sebelum dikonsumsi.

2. Meningkatkan kadar serat

Manfaat kulit semangka yang kedua yaitu meningkatkan kadar serat. Kulit semangka merupakan sumber serat yang kaya.

Adapun diet tinggi serat memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk membantu menjaga pergerakan usus secara teratur, mengurangi risiko penyakit usus besar, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta mencapai berat badan yang ideal.

3. Mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit

Manfaat kulit semangka yang ketiga yaitu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Kulit semangka dikemas dengan senyawa antioksidan yang cukup seperti likopen dan flavonoid.

Kedua senyawa tersebut dapat membantu mengurangi efek radikal bebas dan menurunkan stres oksidatif yang meminimalkan munculnya keriput dan bintik-bintik penuaan seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Bisa Meringankan Gejala Depresi, Ini 6 Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat kulit semangka yang keempat yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh. Dalam seporsi (1 cangkir) kulit semangka, ada kandungan vitamin C lebih dari 30% yang dapat memberikan dorongan besar pada sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C melakukannya dengan cara merangsang produksi sel darah putih. Sel darah putih sendiri merupakan lini pertahanan pertama terhadap infeksi dan patogen asing dalam tubuh.

5. Meminimalkan gejala morning sickness

Manfaat kulit semangka yang kelima yaitu meminimalkan gejala morning sickness pada ibu hamil.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa gula alami yang ditemukan dalam kulit semangka dapat membantu meminimalkan gejala morning sickness atau mual di pagi hari.

Selain itu, kulit semangka juga mampu mengurangi beberapa pembengkakan yang berkaitan dengan kehamilan berkat kandungan potassiumnya yang tinggi.

6. Menurunkan tekanan darah

Manfaat kulit semangka yang keenam yaitu menurunkan tekanan darah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kulit semangka mengandung asam amino citrulline.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen citrulline mampu membantu mengontrol tekanan darah pada orang dewasa dengan obesitas.

Di sisi lain, sebagian besar penelitian menyarankan suplemen citrulline untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi yang ingin mengurangi tekanan darah.

Itulah 6 manfaat kulit semangka dari meningkatkan libido hingga mengurangi keriput. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News