Keluarga

Ini 6 Kesalahan Pemilihan Warna Ruang Tamu yang Sebaiknya Dihindari

Ini 6 Kesalahan Pemilihan Warna Ruang Tamu yang Sebaiknya Dihindari

MOMSMONEY.ID - Simak 6 kesalahan pemilihan warna ruang tamu yang sebaiknya Anda hindari dan cara menghindarinya.

Warna bisa memberikan kesan transformatif luar biasa pada desain interior. Namun, dengan banyaknya aturan soal warna, terkadang justru bisa membuat bingung dan malah memberikan kesan yang aneh pada ruangan. 

Memilih warna untuk dekorasi ruangan bisa menjadi proses yang menakutkan dengan banyaknya pilihan. Apalagi, Anda akan benar-benar tahu warna sebenarnya setelah membandingkan beberapa warna yang sudah diaplikasikan dalam suatu ruangan. 

Dengan alasan tersebut, maka banyak orang akhirnya menggunakan warna-warna aman selama bertahun-tahun.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Rumah Tetap Aman Saat Mudik, Jangan Sampai Terlewat!

Namun, dengan mengetahui 6 kesalahan pemilihan warna untuk ruang tamu, Anda akan mengetahui bagaimana cara memilih warna yang tepat baik memilih warna yang sedang ngetren atau menggunakan kombinasi warna yang unik. 

Kesalahan dalam memilih warna ruang tamu yang harus dihindari

1. Menggunakan warna pucat dan dingin untuk ruang tamu kecil

Kesalahan dalam memilih warna ruang tamu yang pertama adalah hanya menggunakan warna-warna pucat dan dingin.

Melansir Homes and Gardens, merupakan sebuah mitos bahwa warna gelap atau yang terlalu berani tidak cocok untuk ruangan kecil. Berbeda dengan kepercayaan umum, warna terang tidak akan membuat ruangan kecil atau gelap jadi lebih terang. 

Warna yang berani biasanya memiliki rona hangat seperti merah, ungu, oranye dan kuning. Warna-warna yang cenderung hangat ini memberikan kesan ruangan terasa nyaman dan intim.

Tapi, Anda tetap perlu berhati-hati jika menggunakan jenis warna ini di ruangan yang menghadap selatan. Warna hangat ini berisiko membuat ruangan tidak nyaman di musim panas. 

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Dapur Tetap Bersih, Pakai Sistem Satu Menit

2. Tidak memilih warna yang sesuai dengan bagian rumah lainnya

Banyak desainer interior akan mengatakan aturan umum bahwa Anda sebaiknya tidak mengecat seluruh rumah hanya dengan satu warna supaya tidak terkesan membosankan. Tetapi, ini bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan palet warna yang sama di seluruh rumah. 

Sebagai contoh, jika Anda menyukai warna netral gunakan variasi yang berbeda dari palet warna ini untuk menciptakan harmoni yang apik di rumah Anda. Mulai dengan satu warna yang membuat Anda merasa senang, gunakan variasi yang lebih halus dari palet warna tersebut. 

3. Hanya menggunakan warna putih untuk langit-langit

Kesalahan dalam pemilihan warna ruang tamu berikutnya adalah selalu menggunakan warna putih untuk langit-langit. Padahal, langit-langit menawarkan ruang untuk memperluas kreativitas di luar keempat dinding pada rumah. Sehingga, warna putih bukan satu-satunya warna untuk langit-langit.

Jika satu warna Anda gunakan untuk mengecat kedua dinding, langit-langit dan kerangka ruangan, maka akan muncul kesan ruangan yang terasa lebih besar. Sebab ruangan tanpa kontra membuat Anda tidak menyadari adanya batasan ruangan. 

Baca Juga: Ini Warna Cat Rumah yang Membuat Rumah Terasa Lebih Hangat

4. Tidak mempertimbangkan psikologi warna

Ruang tamu adalah ruangan yang paling sering dilihat dan ruangan yang penting untuk mengesankan teman atau saudara yang berkunjung. Maka dari itu, suatu kesalahan jika Anda tidak mempertimbangkan psikologi warna.

Ketika mendesain ruang tamu, ini bisa menjadi ladang ranjau gaya, warna dan bahan. Sehingga meskipun kita sering mengkuti tren desain interior, Anda harus mempertimbangkan psikologi di balik setiap warna dan bagaimana perasaan Anda.

Berikut beberapa warna yang sering digunakan di ruang tamu dan maknanya dari kaca mata psikologi:

  • Merah: warna ini terkait dengan gairah, energi dan tindakan. Warna ini diasosikan dengan peningkatan metabolisme sehingga populer digunakan di ruang makan dan dapur. 
  • Biru: warna ini memiliki banyak atribut emosi, biru pucat cenderung menunjukan ketenangan dan biru gelap menunjukan kecerdasan.
  • Kuning: warna ini merupakan warna energi, keceriaan dan optimisme. Sehingga cocok untuk diletakan di ruang bekerja. 
  • Hijau: warna ini menyenangkan untuk digunakan untuk memberikan ketenangan dan karenanya fleksibel digunakan di setiap ruangan di rumah. 
  • Putih: wana ini melambangkan kesucian, kepolosan dan awal yang baru serta kebersihan dan kejernihan. 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Rumah Semakin Estetik Tanpa Biaya Besar

5. Tidak mempertimbangkan ruang tamu sebagai ruang keluarga

Ruang tamu yang indah dan dekoratif adalah ruang yang menyeimbangkan kepraktisan dan kepribadian, jadi sebaiknya pertimbangkan pola disamping warna cat. Sebab pola bisa jadi lebih menarik dibandingkan menambah satu wana. 

Ruang tamu merupakan ruang komunal dan harus mencerminkan setiap orang yang tinggal di dalamnya. Ini adalah ruangan untuk sosialisasi, menghibur dan bersantai. Sehingga, desainnya harus fungsional tetapi juga menyenangkan. 

Menggunakan pola pada ruang tamu akan mendistraksi Anda dari perasaan ruang yang kecil, dan tentunya membuat ruangan terasa nyaman dan mengundang.

6. Menggunakan kombinasi warna yang tidak sesuai dengan teori warna

Kesalahan dalam pemilihan warna ruang tamu selanjutnya adalah tidak menggunakan teori warna. Teori warna bisa sangat rumit tetapi ada beberapa prinsip dasar yang mengarahkan Anda ke jalan yang benar. 

Kombinasi warna yang dipertimbangkan dengan hati-hati dapat menciptakan ruang tamu yang benar-benar menggembirakan. Salah satunya dengan pendekatan kontras. 

Pendekatan ini meyakinkan Anda untuk tidak memilih warna yang berdampingan dalam roda warna. Meski, memilih warna yang berdampingan akan menghasilkan warna yang harmonis tapi kurang vital.

Sama seperti menggunakan aturan warna komplemen yang menghasilkan kontras maksimal, tapi perlu dilunakkan dengan warna netral.

Pendekatan lainnya adalah memulai dengan apa yang tidak dapat Anda ubah seperti lantai kayu atau perapian tua. Kemudian, pilih rona dasar dari elemen tersebut yang efektif.

Demikian 6 kesalahan dalam pemilihan warna ruang tamu yang sering dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News