HOME, Keluarga

Ini 5 Penyebab Wajah Tampak Tua Setelah Dipakaikan Foundation, Yuk Cari Tahu!

Ini 5 Penyebab Wajah Tampak Tua Setelah Dipakaikan Foundation, Yuk Cari Tahu!

MOMSMONEY.ID - Foundation menjadi salah satu produk makeup yang tergolong susah-susah gampang untuk digunakan. Mengapa begitu? Karena, pemilihan produk atau teknik penggunaan yang tidak tepat berpotensi besar untuk merusak penampilan makeup.

Beberapa orang mungkin memutuskan untuk tidak lagi memasukkan foundation ke dalam rangkaian makeup sehari-hari mereka karena trauma atau kesal gara-gara foundation malah membuat wajah menjadi lebih tua.

Kini, Moms tak perlu takut lagi untuk menggunakan foundation. Karena, MomsMoney memiliki jawaban atas permasalahan wajah terlihat lebih tua akibat penggunaan foundation. Bersumber The List, inilah 5 hal yang perlu Moms catat untuk mengetahui penyebab wajah tampak tua setelah dipakaikan foundation.

Baca Juga: 5 Manfaat Menakjubkan dari Mandi Air Dingin, Yuk Biasakan!

1. Finish foundation tidak tepat

Moms, seiring bertambahnya usia, kulit kita akan kehilangan kolagen dan elastisitasnya. Akibatnya, kulit pun akan tampak dehidrasi. Apabila Moms terus menggunakan foundation dengan matte finish khususnya jika kulit Moms bertipe kering, maka jangan heran apabila wajah Moms akan terlihat lebih tua.

Pasalnya, foundation matte berisiko memperburuk tampilan kulit kering, garis halus, serta kusam. Sebaiknya, gunakanlah foundation yang lebih ramah untuk kulit kering seperti foundation dengan dewy finish atau foundation berbentuk serum. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan skin preparation sebelum mengaplikasikan foundation supaya kulit terhidrasi dengan baik.

2. Tidak menggunakan primer

Apakah Moms sering mengalami foundation yang digunakan menempel pada setiap garis halus dan kerutan wajah? Atau, foundation luntur ketika digunakan pada siang hari?

Jika benar demikian, kemungkinan besar hal-hal tersebut disebabkan karena Moms melewatkan penggunaan primer sebelum foundation. Apabila Moms menginginkan foundation tampak mulus tanpa kesan tua dan makeup menjadi lebih tahan lama, mulai saat ini gunakanlah primer. Karena, primer dapat menjadi kanvas yang sempurna untuk keseluruhan makeup Moms nantinya.

3. Shade foundation tidak cocok

Pernahkah Moms menggunakan foundation yang berubah menggelap bahkan menjadi oren setelah beberapa saat diaplikasikan? Ketika hal itu terjadi, tak jarang tampilan makeup menjadi kacau dan wajah terlihat lebih tua bukan?

Kejadian tersebut dapat disebabkan karena Moms memilih shade foundation yang sama dengan warna kulit atau bahkan lebih gelap. Padahal, foundation memiliki kemungkinan oksidasi atau menggelap. Solusinya, pilihlah foundation dengan shade satu tingkat lebih cerah dari warna kulit asli Moms dan lakukan pengecekan sebelum menggunakannya dengan cara mengoleskan sedikit foundation ke pergelangan tangan atau rahang untuk mencocokkan warna.

4. Tidak mengaplikasikan foundation dengan benar

Makeup tools diciptakan tidak hanya untuk menjaga wajah tetap higienis melainkan juga membuat makeup terlihat lebih bagus. Alih-alih menggunakan jari, sebaiknya Moms menggunakan spons untuk mengaplikasikan foundation ke seluruh wajah.

Selain mencegah timbulnya jerawat, spons juga berguna untuk menciptakan hasil akhir makeup yang flawless namun tetap terlihat terhidrasi. Sebagai saran, basahi spons terlebih dahulu sebelum digunakan supaya nantinya foundation terlihat alami layaknya second skin. Oh ya, mengaplikasikan foundation dengan spons juga jauh lebih baik untuk menyamarkan garis halus dan kerutan dibandingkan dengan jari lho Moms.

5. Masih menggunakan powder foundation

Apabila Moms memutuskan untuk menggunakan foundation, maka sebaiknya jangan gunakan powder foundation untuk mengunci foundation di bawahnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari tampilan makeup yang dempul dan tua. Di antara foundation dan powder foundation, pilihlah salah satu saja.

Ketika memilih untuk menggunakan foundation, pakailah setting powder berwarna translucent setelahnya daripada powder foundation. Mengapa demikian? Karena, bedak dengan jenis ini terkenal ringan, memiliki blur effect, serta tidak akan mengubah warna asli dari foundation itu sendiri.

Moms, itulah 5 hal seputar penggunaan foundation yang dapat menyebabkan wajah terlihat lebih tua dari seharusnya. Kira-kira, adakah salah satu dari kelima hal di atas yang masih Moms lakukan hingga saat ini? Jika masih, sudahi sekarang juga supaya wajah senantiasa terlihat awet muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News