HOME, Keluarga

5 Manfaat Menakjubkan dari Mandi Air Dingin, Yuk Biasakan!

5 Manfaat Menakjubkan dari Mandi Air Dingin, Yuk Biasakan!

MOMSMONEY.ID - Tak hanya segar terutama di tengah cuaca panas, siapa sangka jika mandi menggunakan air dingin juga menyimpan beragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, kulit, hingga pikiran.

Jika selama ini Anda lebih memilih mandi air panas dan meragukan khasiat dari mandi air dingin, agaknya Anda perlu mencoba untuk membiasakan diri mandi air dingin mulai dari sekarang.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut MomsMoney paparkan 5 manfaat menakjubkan dari mandi air dingin yang perlu Anda cermati sebagaimana dilansir dari Bright Side.

Baca Juga: Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini Supaya Hamster Peliharaan Berumur Panjang

1. Meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi nyeri otot

Saat air dingin menyentuh tubuh Anda, darah akan dipaksa untuk bersirkulasi jauh lebih cepat guna mempertahankan suhunya. Di sisi lain, mandi air dingin juga terbilang ideal khususnya untuk para atlet karena dapat membantu mengatasi cedera dengan lebih cepat.

Ketika ada bagian tubuh yang mengalami memar, Anda dapat menempelkannya dengan air dingin secara langsung atau dimasukkan terlebih dahulu ke dalam wadah. Cara ini bermanfaat untuk membawa oksigen baru dan sirkulasi ekstra ke area tubuh yang memar.

Atau, mandilah dengan air dingin tatkala Anda merasa bahwa tubuh Anda perlu dihidupkan kembali setelah aktivitas yang sibuk dan melelahkan.

2. Mengurangi gatal-gatal pada kulit

Kulit yang kering secara alami atau mengalami kondisi seperti eksim cenderung mudah terasa gatal setelah disiram dengan air panas. Nah, salah satu cara untuk mencegah kulit menjadi gatal adalah menurunkan suhu air yang akan digunakan untuk mandi sebanyak mungkin.

Selain mengganti air panas dengan air dingin, para pemilik kulit kering atau eksim juga tidak boleh mandi terlalu lama. Plus, jangan lupa untuk segera mengoleskan pelembab sesaat setelah mandi guna menyerap semua kelembaban sekaligus menyingkirkan rasa gatal pada kulit.

3. Menstabilkan metabolisme

Lemak cokelat atau brown fat merupakan jenis lemak yang dimiliki oleh semua orang sejak lahir. Untuk mengaktifkan lemak cokelat, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mandi air dingin.

Saat lemak cokelat diatur dengan baik, itu dapat membantu lemak putih atau white fat (lemak yang berhubungan dengan obesitas) tetap pada tingkat yang sehat. Jadi, mandilah air dingin setidaknya 2-3 hari seminggu guna menstabilkan sekaligus meningkatkan metabolisme Anda.

Dengan rutin mandi air dingin, kadar hormon tertentu dalam tubuh Anda akan stabil dan sistem pencernaan Anda pun akan terawat dengan lebih baik. Jika dibarengi dengan diet seimbang, kebiasaan mandi air dingin bahkan dapat membantu menurunkan berat badan juga lho.

4. Mengurangi stres

Mandi air dingin dapat bekerja secara mengejutkan untuk membantu mengurangi stres pada tubuh. Apabila Anda rajin mandi air dingin secara teratur, sistem saraf Anda akan terbiasa untuk dipukul dengan sedikit tekanan fisik.

Yang tak kalah penting, mandi air dingin akan membantu tubuh dan pikiran Anda untuk lebih siap saat harus menghadapi stres atau situasi sulit yang dapat datang sewaktu-waktu.

5. Meningkatkan sistem imun

Mandi air dingin dapat membuat tubuh Anda lebih tahan terhadap flu biasa maupun flu musiman. Uji klinis menunjukkan penurunan sebanyak 29% pada orang yang tidak masuk kerja akibat sakit setelah mereka mulai mandi air dingin.

Hal tersebut dapat terjadi karena mandi air dingin mampu mengejutkan tubuh dan memaksanya untuk memproduksi lebih banyak leukosit yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News