HOME, Keluarga

Ini 5 Penyebab Kerontokan Bulu pada Hewan Hamster

Ini 5 Penyebab Kerontokan Bulu pada Hewan Hamster

MOMSMONEY.ID - Hamster terkenal dengan tubuhnya yang mungil, gemuk, dan berbulu lembut. Bulu hamster datang dengan berbagai warna dan pola. Ini membuat jenis mereka semakin beragam. Sayangnya, hamster juga dapat mengalami alopecia seperti yang dialami manusia.

Alopecia merupakan istilah medis untuk kebotakan karena gangguan kulit kepala yang menyebabkan jumlah rambut yang rontok lebih banyak dari rambut yang tumbuh.

Alopecia pada hamster kurang lebih terbatas pada kerontokan rambut di sekitar daerah wajah, ekor, atau bagian belakang.

Baca Juga: Bolehkah Hamster Diberi Makan Makanan Asam Seperti Jeruk? Ini Jawabannya

Hamster biasanya mulai kehilangan bulunya saat sudah dewasa. Akan tetapi, bila hamster Anda masih muda, ada alasan yang mendasari kenapa bulunya menjadi rontok.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui penyebab alopecia hamster Anda. Dilansir dari Petkeen, berikut penyebab umumnya.

Kekurangan Gizi

Salah satu alasan paling umum hamster kehilangan bulunya adalah karena kekurangan gizi. Makanan hamster seharusnya terdiri dari nutrisi lengkap dan tepat, terutama jumlah vitamin B.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kerontokan bulu. Selain itu, kekurangan protein juga dapat menyebabkan masalah dengan bulu mereka.

Jika kerontokan bulu terjadi karena kekurangan gizi, Anda perlu engubah poa makanannya. Makanan seperti keju, telur rebus, pasta gandum, sayuran, dan buah-buahan diketahui bermanfaat dalam mengobati kerontokan rambut pada hamster.

Parasit

Penyebab umum lainnya adalah kehadiran parasit yang mengganggu kesehatan bulunya. Salah satu gejalanya adalah kerontokan bulu. Anda perlu mengecek apakah hamster memiliki kutu, caplak, kurat, atau tungau.

Jika hamster memilikinya, mereka mungkin akan terus menggaruk. Ini kemudian akan merusak kulit mereka dan dapat berakhir dengan kebotakan yang disertai dengan lesi.

Mengobati parasit tidak hanya fokus pada tubuh hamster saja, tetapi juga lingkungan dan habitatnya. Sebab, parasit bersifat menular.

Baca Juga: Ketahui Seperti Apa Agresif pada Anjing dan Penyebabnya Menjadi Agresif

Perilaku Hamster Menggosok Tubuh

Hamster Anda mungkin menyukai menggosok tubuhnya ke mainan atau kandangnya. Gesekkan yang berlebihan ini akan menyebabkan bulunya rontok.

Hal ini terjadi karena hamster memiliki kandang yang terlalu sempit, sehingga mereka memiliki sedikit ruang untuk bergerak. Maka, pastikan Anda memiliki kandang yang cukup luas untuk hamster beraktivitas dan bermain.

Pergantian Bulu

Hamster dapat mengalami pergantian bulu secara teratur. Ini terjadi saat musim semi dan cenderung memuncak saat musim gugur.

Saat ini terjadi, hamster Anda akan mengalami kerontokan dan bulu di tubuhnya menjadi lebih tipis. Ini biasanya tidak sampai membuat mereka botak secara penuh.

Namun, ras tertentu seperti hamster Rusia dan Suriah cenderung lebih banyak mengalami kerontokan.

Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis dan penyakit dapat menyebabkan kerontokan bulu pada hamster. Peradangan ginjal dan limfoma sel T adalah dua penyebab umum yang dikaitkan dengan kerontokan bulu.

Kondisi medis lainnya yang menyebabkan kerontokan bulu adalah ketidakseimbangan hormon.

Jika Anda melihat kerontokan bulu pada hamster tidak normal, Anda perlu segera menghubungi dokter hewan untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada hamster Anda. Sebab, kerontokan bulu karena alasan medis bisa sangat mengkhawatirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News