HOME, Keluarga

Ketahui Seperti Apa Agresif pada Anjing dan Penyebabnya Menjadi Agresif

Ketahui Seperti Apa Agresif pada Anjing dan Penyebabnya Menjadi Agresif

MOMSMONEY.ID - Anjing mungkin dapat melakukan perilaku yang tidak menyenangkan, yakni menjadi agresi. Agresif pada anjing terjadi bukan karena tanpa penyebab. Maka, sangat penting bagi Anda untuk memahami hal-hal apa saja yang menyebabkan anjing berperilaku agresif.

Sebelum Anda mulai mempelajari penyebabnya, Anda perlu mengetahui apa itu perilaku agresif pada anjing. Dilansir dari ASPCA, agresif mencakup serangkaian perilaku yang biasanya dimulai dengan peringatan dan dapat berujung pada serangan. Jika agresif pada anjing telah menjadi serangan, ini bisa menjadi tak terkendali karena anjing mungkin mendapat perlawanan dari korbannya dan menyebabkan cedera pada anjing atau manusia. Maka, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda perilaku agresif dan penyebabnya.

Baca Juga: Mengenal Axolotl, Amfibi Unik Asal Meksiko yang Selalu Tersenyum

Tanda-Tanda Anjing Menjadi Agresif

Hewan seperti anjing, biasanya akan mengandalkan bahasa tubuh untuk memberitahu seseorang atau anjing lainnya tentang perasaan mereka. Salah satunya ketika mereka merasa tidak nyaman dan memberikan sinyal dengan menunjukkan agresi. Biasanya ini ditunjukkan dengan beberapa bagian dari urutan perilaku yang semakin intens sebagai berikut:

  • Menjadi sangat diam dan kaku.
  • Kontak mata yang intens.
  • Suara parau yang mengancam.
  • Menggeram.
  • Menampilkan gigi.
  • Menerjang maju atau menyerang orang, tanpa ada kontak fisik.
  • Snarl (kombinasi menggeram dan menunjukkan gigi).
  • Menggonggong keras.
  • Gigitan cepat yang tidak meninggalkan bekas.
  • Gigitan cepat yang merobek kulit.
  • Menggigit dengan tekanan yang cukup untuk menyebabkan memar.
  • Menggigit dan mengguncangnya.

Penyebab Anjing Menjadi Agresif

Agresi pada anjing bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Sebab, ini bisa menyebabkan cedera berat yang tak diinginkan. Apalagi, bila sebelumnya Anda mengenal anjing Anda sangat ramah. Ada banyak faktor berbeda yang dapat memengaruhi agresif anjing. Dilansir dari Love Your Dog, berikut 5 penyebab di antaranya.

Posesif

Posesif adalah sifat anjing yang ingin menjaga objek tertentu yang mereka klaim sebagai miliknya dan melarang orang lain mendekatinya. Agresif karena posesif akan terjadi bila ada seseorang mencoba mendekati dan merebut sesuatu itu dari anjing. Ini tak hanya berarti benda, tetapi juga terhadap ruang mereka. Jika mereka merasa wilayah mereka sedang diserang, mereka akan menunjukkan perilaku agresif yang akan menyerang sumber ancamannya.

Agresif yang Dialihkan

Agresif yang dialihkan adalah perilaku agresif yang terjadi pada anjing dialihkan oleh anjing dari sumber pemicu lainnya. Misalnya, anjing marah dengan gangguan yang datang dari seseorang atau anjing lain. Namun, karena Anda ada dekat di sampingnya, menyebabkan anjing mengalihkan serangannya kepada Anda. Inilah alasan yang sangat perlu dipahami untuk tidak pernah menyela perkelahian anjing dengan tangan kosong.

Baca Juga: Ini Tanda-Tandanya Kucing Peliharaan Menderita Cacingan

Melakukan Sesuatu yang Tidak Disukai Anjing Terlewat Batas

Umumnya, anjing akan memberikan tanda peringatan untuk menunjukkan bahwa mereka frustasi atau tidak suka dengan perlakuan yang Anda berikan. Mereka mungkin akan menggeram dan menggonggong ketika seseorang menarik-narik telinganya, serta membuat dia kewelahan dengan tindakan lainnya. Memaksakan hal ini akan menyebabkan anjing menyerang dengan menggigit.

Merasakan Sakit

Ketika anjing merasa sakit, ini akan menyebabkan anjing berperilaku tidak normal. Salah satunya adalah agresif. Ketidaknyamanan akan membuat anjing merasa terancam dan menurunkan toleransinya dalam berbagai situasi. Rasa sakit yang dibiarkan ini akan membuat mereka semakin stres dan semakin agresif.

Perubahan Lingkungan

Anjing menyukai hidup di lingkungan yang terstruktur. Mereka menyukai hal-hal dalam bentuk rutinitas. Bila Anda memberikannya kehidupan yang baru secara besar-besaran, ini akan membuat anjing bingung, stres, dan mungkin menunjukkan perilaku agresif sebagai hasilnya.

Penuaan

Usia anjing yang semakin tua, dapat membawa banyak perubahan dalam hidupnya. Anjing yang sudah senior lebih mungkin mengalami rasa sakit kronis, kondisi medis baru, dan meningkatnya stres. Masing-masing masalah ini mungkin menyebabkan agresif tiba-tiba. Bila Anda melihat agresif yang memasuki tahun-tahun senior mereka, hal terbaik adalah mendiskusikan kejadian ini dengan dokter hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News