Bugar

Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Malaria

Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Malaria

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan yang harus dihindari penderita malaria, biar gejala yang dirasakan tidak semakin parah.

Malaria adalah penyakit protozoa yang berhubungan dengan demam tingkat tinggi dan sering ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheline betina.  

Nyamuk mengangkut parasit dari satu manusia yang terinfeksi ke manusia lainnya. Parasit ini kemudian masuk ke aliran darah dan menginfeksi sel darah merah.  

Gejala utama malaria adalah sakit kepala, demam, kelelahan, nyeri otot, nyeri punggung, menggigil, berkeringat, batuk kering, pembesaran hati, dan muntah. 

Bicara tentang makanan, sebenarnya tidak ada aturan diet khusus untuk penderita malaria. Tetapi, nutrisi yang cukup adalah kunci perbaikan.  

Pola makan yang baik harus berfokus pada penguatan sistem kekebalan pasien tanpa memengaruhi hati, ginjal, dan sistem pencernaan.  

Bersumber dari Health Focus, berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari penderita malaria agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah, antara lain: 

Baca Juga: Moms Harus Lebih Waspada! 21 Gejala Penyakit Malaria Pada Anak

1. Makanan berlemak

Makanan yang harus dihindari penderita malaria yang pertama adalah makanan yang berlemak.  

Lemak berlebih dalam makanan dapat memperparah mual dan mengganggu pencernaan sehingga bisa mengakibatkan diare.  

Jadi untuk sementara, katakan selamat tinggal pada gorengan, makanan yang banyak diproses, junk food, acar, serta sambal.  

Konsumsilah makanan yang mudah dicerna namun tinggi gizi dan dapat meningkatkan nafsu makan.  

2. Makanan berminyak

Makanan yang harus dihindari penderita malaria yang kedua adalah makanana berminyak.  

Makan gorengan dan makanan olahan, junk oily dan makanan pedas dapat memperparah rasa mual dan dapat mengganggu proses pencernaan di dalam tubuh.  

Penggunaan lemak yang berlebihan dalam memasak atau makan makanan yang digoreng memperburuk rasa mual, gangguan pencernaan yang menyebabkan diare.

Baca Juga: Catat! Inilah Sederet Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi   

3. Minuman berkafein

Makanan yang harus dihindari penderita malaria yang selanjutnya adalah minuman berkafein.  

Konsumsi berlebih minuman berkafein seperti teh, kopi, cokelat, dan sebagainya dapat memicu dehidrasi karena bersifat diuretik.  

Hal ini bisa memperparah kekurangan air dan elektrolit yang sering terjadi pada penderita malaria.  

4. Makanan yang keras 

Makanan yang harus dihindari penderita malaria yang keempat adalah makanan yang keras.  

Dikarena infeksi bakteri Salmonella typhii ini berpengaruh terhadap usus harus menghindari makanan keras.  

Pemberian makanan yang tinggi serta susah dicerna (keras) dapat meningkatkan kerja saluran cerna, sehingga risiko perdarahan saluran cerna pun meningkat.  

Baca Juga: Jangan Langsung Panik Moms! Ini 4 Cara Mengatasi Anemia pada Anak yang Bisa Anda Coba

5. Makanan tinggi serat

Makanan yang harus dihindari penderita malaria yang terakhir adalah makanan tinggi serat.  

Makanan tinggi serat seperti gandum utuh, sayuran berdaun hijau, buah berkulit tebal, dan sebagainya hampir selalu disarankan untuk gaya hidup sehat. 

Jadi, dibutuhkan makanan atau minuman yang dapat memberikan energi secara cepat, bukan yang dicerna lambat seperti makanan tinggi serat.  

Lebih baik mencoba untuk mengonsumsi air glukosa, air tebu, air kelapa, minuman elektrolit, misalnya sari lemon dicampur air, gula, dan garam.  

Sangat penting untuk menjaga diri kita agar tetap terhidrasi saat menderita malaria. Oleh karena itu, pastikan Moms minum lebih banyak air.   

Intinya, makanan yang dianjurkan bagi penderita malaria adalah makanan yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh tanpa memengaruhi kerja hati, ginjal, dan sistem pencernaan.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita malaria agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News