Bugar

Jangan Langsung Panik Moms! Ini 4 Cara Mengatasi Anemia pada Anak yang Bisa Anda Coba

Jangan Langsung Panik Moms! Ini 4 Cara Mengatasi Anemia pada Anak yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa cara mengatasi anemia pada anak yang bisa Anda coba, dan jangan langsung panik agar bisa teratasi dengan baik.

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan. 

Akibatnya, organ-organ pada tubuh tidak bisa mendapatkan asupan oksigen yang cukup, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Beberapa kondisi anemia pada anak tidak memerlukan perawatan, tapi ada yang membutuhkan obat-obatan, transfusi darah, pembedahan, atau transplantasi sel induk. 

Jika anak terindikasi mengalami anemia, profesional medis akan merujuk orangtua ke ahli hematologi. 

Mengutip dari Kids Health, inilah beberapa cara mengatasi anemia pada anak yang bisa Anda coba dan jangan langsung panik agar bisa teratasi dengan baik, antara lain: 

Baca Juga: Moms Harus Lebih Waspada! 21 Gejala Penyakit Malaria Pada Anak

1. Memberikan makanan bergizi

Cara mengatasi anemia pada anak yang pertama adalah dengan memberikan makanan bergizi.  

Selain dengan bantuan suplemen dan vitamin, orang tua juga dianjurkan untuk memberi anak makanan yang kaya akan zat besi, vitamin B12, dan asam folat guna menambah darahnya. 

Berbagai pilihan makanan yang kaya akan nutrisi tersebut antara lain daging sapi dan daging ayam, ikan, sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kacang-kacangan, serta telur. 

2. Menghentikan atau mengganti jenis obat penyebab anemia

Cara mengatasi anemia pada anak yang selanjutnya adalah menghentikan atau mengganti jenis obat anemia.  

Anemia pada anak bisa disebabkan oleh efek samping obat tertentu. 

Jika anak mengalami anemia jenis ini, biasanya dokter akan menghentikan atau mengganti obat penyebab anemia dengan obat lainnya. 

Tentunya, sebelum memutuskan untuk memberikan obat jenis tertentu, dokter telah mempertimbangkan risiko dan manfaat dari penggunaan obat tersebut. 

3. Memberikan suplemen zat besi dan vitamin

Cara mengatasi anemia pada anak yang ketiga adalah memberikan suplemen zat besi dan vitamin.  

Anemia pada anak yang disebabkan kekurangan zat besi atau vitamin tertentu, bisa diatasi dengan pemberian suplemen zat besi dan vitamin yang dibutuhkan. 

Dosis pemberian suplemen atau vitamin pada anak akan disesuaikan dengan usia dan berat badannya. 

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Ini 4 Jenis Ikan yang Aman untuk Penderita Asam Urat

4. Memberikan obat-obatan

Cara mengatasi anemia pada anak yang terakhir adalah memberikan obat-obatan.  

Bila anemia yang dialami anak disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan memberikan obat antiobiotik untuk membasmi bakteri tersebut. 

Sementara itu, untuk mengobati anemia pada anak yang disebabkan oleh infeksi cacing dokter bisa memberikan obat cacing. 

Penanganan ini penting untuk mengatasi penyebab anemia, sehingga pengobatan untuk menambah darah anak bisa berjalan lancar. 

Sementara untuk mengatasi anemia karena penyakit ginjal pada anak, dokter bisa memberikan penangnan berupa cuci darah dan penyuntikan hormon eritropoietin. 

Beda penyebab, berbeda pula cara mengatasi anemia pada anak. Apa pun penyebabnya, anemia tetap harus segera mendapatkan penangan sesegera mungkin dari dokter. 

Bila anak mengalami gejala anemia seperti yang telah disebutkan di atas, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter guna mengetahui penanganan yang tepat.

Itulah beberapa cara mengatasi anemia pada anak yang bisa Anda coba dan jangan langsung panik agar bisa teratasi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News