HOME, Keluarga

Ini 5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan dalam Merawat Tanaman

Ini 5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan dalam Merawat Tanaman

MOMSMONEY.ID - Memiliki tanaman hias di rumah memang bermanfaat untuk kesehatan. Saat Anda merawatnya, ini bisa menjadi hobi yang positif untuk meredakan kejenuhan di rumah. Sayangnya, masih banyak kesalahan yang sering terjadi dalam hal merawat tanaman. Inilah yang menjadi penyebab tanaman Anda terkadang gagal tumbuh, mengalami masalah, tidak berbunga, atau tidak berbuah.

Sebelum Anda beralih untuk mengatasinya, sebaiknya Anda mengetahui dulu penyebabnya. Salah satunya bisa berasal dari kesalahan-kesalahan dalam merawat tanaman yang mungkin tak Anda sadari. Dilansir dari Gardening Know How, berikut kesalahan umum yang sering dilakukan dalam merawat tanaman.

Baca Juga: Ingin Memelihara Tanaman Tanpa Repot? 6 Kaktus Mini Ini Bisa Jadi Pilihan!

Tidak Mempertimbangkan Lingkungan dan Gaya Hidup Saat Memelihara Tanaman

Ini adalah kesalahan umum yang paling sering terjadi, tak jarang disadari. Dalam memelihara tanaman, Anda harus mengetahui kondisi seperti apa yang disukai tanaman tersebut. Meskipun Anda menyukai tanaman itu, lingkungan yang tidak sesuai hanya akan menyebabkan masalah pada tanaman.

Membeli tanaman hias karena sedang tren, tanpa mempertimbangkan gaya hidup Anda juga dapat menyebabkan masalah. Misalnya saja, tanaman hias yang Anda beli membutuhkan perawatan maksimal, tetapi Anda adalah pekerja sibuk yang jarang di rumah. Tentu tanaman tak akan tertangani dengan baik. Memelihara tanaman hias beracun ketika Anda memiliki anak kecil dan hewan peliharaan juga sangat berisiko. Oleh karena itu, mempertimbangkan lingkungan dan gaya hidup Anda sangat penting dalam memutuskan jenis tanaman.

Tidak Memperhatikan Kebutuhan Cahaya

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang dengan tanaman hias adalah tidak menempatkan tanaman dalam kondisi cahaya yang benar. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan sedikit penelitian tentang jenis tanaman yang Anda rawat. Mengetahui apakah tanaman membutuhnya banyak atau tidak sinar matahari akan berpengaruh pada pertumbuhan mereka. Beberapa tanaman mentolerir berbagai kondisi. Namun, ada juga tanaman yang hanya tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung, seperti sayuran dan tanaman lidah buaya. Lainnya, hanya bisa bertahan di bawah sinar matahari rendah hingga sedang seperti tanaman dracaena.

Kurangnya Penyiraman atau Overwatering

Kesalahan lainnya adalah lalai penyiraman. Beberapa tanaman memang ada yang mentolerir kelalaian ini, misalnya kaktus dan sukulen. Namun, tak mendapatkan air sama sekali adalah masalah besar. Selain itu, overwatering (kelebihan penyiraman) dapat menyebabkan kematian tanaman.

Cara menyirami yang benar adalah dengan menyiram secara menyeluruh sampai air keluar dari lubang drainase pot tanaman (membuang kelebihan air penyiraman). Sebelum menyiram, pastikan dahulu kondisi tanah. Cara mengeceknya adalah dengan menekan tanah dengan jari hinggal sedalam 2,5 cm. Jika terasa kering, maka tanaman membutuhkan penyiraman. Jangan lupa untuk mengetahui kebutuhan tanaman akan tanah lembap atau kering.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Bila Tanaman Hidup Tanpa Diberi Pupuk

Tidak Mengganti Wadah Tanaman Selama Bertahun-tahun

Selama berminggu-minggu, tanaman Anda akan semakin tumbuh, termasuk akarnya. Jika Anda menyimpan tanaman Anda di pot atau penanam yang sama selama bertahun-tahun, ini akan meningkatkan risiko masalah tanaman seperti hama, jamur, dan busuk akar. Oleh karena itu, tanaman membutuhkan pot yang lebih besar dan dalam untuk memberikan ruang untuk akarnya.

Sebagian besar tanaman, penanaman kembali harus dilakukan setiap 12-18 bulan sekali. Ini dapat bervariasi bergantung pada ukuran tanaman dan apakah Anda pernah mengalami masalah dengan akar yang terlalu padat atau tidak. Tanaman dengan sistem akar yang panjang mungkin membutuhkan pot yang lebih dalam, sementara yang lain mungkin tumbuh subur dalam wadah yang lebar dan dangkal.

Mengabaikan Kondisi Tanah dan Nutrisi

Anda harus mengetahui bahwa tanaman di dalam pot tidak sama seperti tanaman yang tumbuh di luar pot. Tanaman di dalam pot tidak bisa mengisi kembali nutrisi yang hilang dari dalam tanah. Memberinya pupuk merupakan solusi yang baik untuk mengatasi hal ini. Selain itu, meski Anda tak memindahkan tanaman Anda ke penanam yang lebih besar, Anda tetap perlu mengubah campuran pot tanaman Anda untuk memberinya nutrisi baru. Dengan begitu, akar tanaman Anda akan tetap sehat dan tanaman kembali mendapatkan nutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News