HOME, Keluarga

Ingin Memelihara Tanaman Tanpa Repot? 6 Kaktus Mini Ini Bisa Jadi Pilihan!

Ingin Memelihara Tanaman Tanpa Repot? 6 Kaktus Mini Ini Bisa Jadi Pilihan!

MOMSMONEY.ID - Jika saat ini Anda mencari tanaman yang ringan, ramah lingkungan, dan tak merepotkan, kaktus bisa menjadi pilihan yang cocok. Meski durinya cukup berisiko melukai tangan, kaktus memiliki beberapa kelebihan dan banyak orang meminati tanaman hias ini.

Kelebihan kaktus berada pada caranya bertahan hidup.  Kaktus bisa bertahan dalam udara yang kering dan kelalaian penyiraman. Ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki tanaman, tetapi tak ingin kerepotan.

Pertumbuhan kaktus juga lambat dan perawatannya secara umum terbilang mudah. Jika Anda tertarik, dilansir dari Thespruce.com, berikut 6 rekomendasi jenis-jenis kaktus mini.

Baca Juga: Buah Kaktus Ada yang Bisa Dimakan, loh! Ini Jenis dan Manfaatnya

Kaktus Barel

Peringatan pertama untuk kaktus jenis ini adalah hati-hati karena durinya sangat panjang. Jika terluka, Anda membutuhkan antibiotik untuk sembuh. Namun, keindahannya tak perlu diragukan lagi. Ada berbagai ukuran untuk tanaman ini, tapi semuanya berbentuk silinder.

Saat masih muda, tanaman ini akan tumbuh dengan cepat, lalu melambat setelah beberapa waktu. Mereka sempurna berada di dalam ruangan dengan sinar matahari secukupnya. Sebab, bila terkena sinar matahari langsung, mereka akan menjadi kerdil dan terbakar sinar matahari, sehingga gagal berkembang.

Kendati demikian, kebutuhan air kaktus barel tidak tinggi.  Anda bahkan dapat menyiraminya sebanyak 2-3 bulan sekali.

Kaktus Bintang

Kaktus bintang atau topi uskup memiliki nama ilmiah Astrophytum myriostigma. Secara fisik, dia memiliki sekitar tiga hingga tujuh tulang rusuk vertikal yang membuat bentuknya seperti bintang. Saat dewasa dia dapat tumbuh setinggi 70-100 cm dengan diameter 10-20 cm.

Bunganya seperti bunga aster yang muncul di puncak tanamannya. Berwarna kuning krem dengan dasar merah atau oranye, tetapi munculnya membutuhkan waktu enam tahun untuk berbunga.

Tanaman ini tak dapat menerima banyak sinar matahari, sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan. Namun, kaktus ini juga tidak membutuhkan banyak air. 

Kaktus Telinga Kelinci (Bunny Ears)

Kaktus telinga kelinci (bunny ears cactus) memiliki nama ilmiah Opuntia microdasys, yang asalnya dari Meksiko bagian utara dan tengah. Kaktus ini disebut telinga kelinci karena memiliki dua buah bantalan yang berbentuk seperti telinga kelinci. Batangnya memiliki panjang 6-15 cm dan lebar 4-12 cm.

Mereka tidak memiliki duri, tetapi memiliki glochids kuning atau putih berukuran 2-3 mm dan tak beraturan. Akan tetapi, hati-hati dengan glochids ini karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Kaktus bunny ears ini jika terkena cukup sinar matahari akan memekarkan bunga putih yang cantik. Mereka bahkan dapat berbuah jika sudah dewasa. Anda dapat menyiraminya saat kondisi tanahnya cukup kering.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Tanaman Hias di Dalam Ruangan untuk Kesehatan Tubuh

Kaktus Bulan

Kaktus bulan memiliki nama latin Gymnocalycium mihanovichii, yang berasal dari Paraguay dan Argentina. Kaktus ini memiliki bunga di puncak kaktusnya yang berwarna merah, merah muda, oranye, atau kuning, serta bentuknya seperti bola.

Kaktus ini tidak membutuhkan banyak air. Anda dapat menyiraminya saat kondisi tanah terasa kering dan tak perlu menyirami saat cuaca sedang hujan. Untuk sinar matahari, mereka berkembang paling baik dalam terang tetapi tidak langsung. Sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Kaktus Cephalocereus Senilis

Kaktus Cephalocereus Senilis juga sering disebut dengan kaktus orang tua. Sebab, seluruh bagian kaktus ini dipenuhi dengan rambut panjang berwarna putih, mirip seperti rambut kakek-kakek atau nenek-nenek. Rambut putih ini tumbuh hingga 12 cm, tetapi Anda harus berhati-hati karena di baliknya terdapat duri-duri yang tajam.

Kaktus ini cocok diletakkan di tempatkan di dalam ruangan, seperti di pojok ruangan, jendela, atau di rak dinding gantung. Kaktus ini dapat tumbuh subur di area yang suhu udaranya 32-40 derajat celcius. Selain itu, Anda dapat menyiraminya setiap dua minggu sekali.

Kaktus Cereus Tetragonus

Kaktus cereus tetragonus berasal dari Amerika dan sebenarnya mereka bisa tumbuh tinggi sekitar 180 cm. Ciri khasnya berbentuk panjang-panjang menyerupai bentuk bangunan kastil dan duri-duri berwarna putih di sepanjang batangnya. Tak semua kaktus kastil menghasilkan bunga ya, Mom.

Kendati demikian, kaktus ini sangat cocok di letakkan di sekitar jendela di dalam rumah untuk menghias penampilan ruangan Anda. Selain itu, kaktus cereus tetragonus juga hanya memerlukan penyiraman sebanyak 3-4 minggu sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News