HOME, Keluarga

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Burung Lovebirds

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Burung Lovebirds

MOMSMONEY.ID - Lovebirds atau burung cinta adalah salah satu dari spesies burung beo yang populer. Mereka biasanya dijadikan sebagai hewan peliharaan untuk para pemula yang menyukai hewan burung.

Ada sebuah informasi yang umumnya dipercayai orang-orang tentang lovebirds yang harus dipelihara berpasangan. Sebab, bila dibiarkan hidup sendirian, lovebirds bisa jatuh sakit dan mati.

Bila Anda ingin mengetahui fakta lainnya, dilansir dari The Spruce Pets, berikut beberapa di antaranya.

Keluarga burung beo

Lovebirds adalah burung beo sejati. Namun, mereka adalah spesies terkecil dalam anggota keluarga burung beo lainnya.

Rata-rata panjang tubuhnya hanya 5-7 inci sata dewasa, lebih kecil dari burung beo lain.

Ukurannya yang kecil ini menjadi keuntungan mereka untuk dipelihara di rumah-rumah kecil seperti apartemen. Mereka juga mudah dirawat dan tidak membutuhkan kandang yang spesial.

Baca Juga: Ini Rata-Rata Usia Hidup Hamster dan Faktor yang Memengaruhinya

Ada Banyak Jenis Spesies Loverbirds

Jika Anda berpikir bahwa lovebirds adalah satu-satunya, Anda kurang tepat. Lovebirds memiliki banyak spesies yang masing-masing membawa sifat dan karakteristik berbeda. Jumlahnya ada sembilan sub-spesies.

Delapan di antaranya berasal dari daratan Afrika dan lainnya berasa dari Madagaskar. Sub-spesies ini antara lain, lovebird fischer, lovebird Nyasa, lovebird swindern, lovebird muka merah, lovebird madagaskar, dan sebagainya.

Lovebirds Tidak Bisa Berbicara Seperti Burung Beo Umumnya

Lovebird adalah jenis burung beo, yang artinya mereka memiliki kemampuan untuk meniru suara manusia, tetapi lovebird tidak dianggap pandai berbicara. Ini karena mereka sangat jarang memutuskan untuk berbicara dan menirukan suara.

Walaupun mereka akhirnya mau bersuara, lebih sering mereka akan menirukan suara sederhana seperti peluit, bel pintu, dan gelombang mikro lainnya.

Tidak diketahui kenapa mereka berperilaku seperti itu, tetapi mereka dapat dilatih berbicara sejak usia muda.

Baca Juga: Ini 5 Biji-Bijian yang Aman Dikonsumsi Burung Peliharaan

Tidak Selalu Baik Dipelihara Berpasangan

Anda mungkin salah satu yang percaya bahwa lovebird yang dipelihara tidak berpasangan akan lebih rentan cepat mati. Namun, ini tidak sepenuhnya benar. Asalkan lovebird ditangani dengan banyak perhatian dan tidak merasa kesepian, tidak masalah untuk memeliharanya seekor saja. Lovebird yang menyendiri akan lebih mudah terikat dengan seseorang yang merawatnya. Artinya, mereka jadi lebih terbuka dengan interaksi manusia.

Lovebirds Burung yang Sangat Aktif

Perlu Anda ketahui bahwa lovebird adalah burung yang sangat aktif. Meski mereka jarang menirukan suara, tetapi bisa sangat ribut.

Anda yang tertarik mmelihara lovebird mungkin perlu menyediakan tempat yang aman dan waktu beberapa saat untuk membiarkan mereka bermain di luar kandang. Ini memungkinkan untuk membuat burung mendapatkan stimulasi mental dan melatih ototnya untuk tetap sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News