HOME, Keluarga

Ini 5 Biji-Bijian yang Aman Dikonsumsi Burung Peliharaan

Ini 5 Biji-Bijian yang Aman Dikonsumsi Burung Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Burung peliharaan sering memiliki persyaratan diet yang kompleks dan sering mengalami masalah kesehatan karena kekurangan nutrisi. Oleh karena itu, menentukan makanan utamanya sangat penting untuk memenuhi nutrisinya. Pelet seharusnya menjadi makanan utama burung, tetapi memberi burung biji-bijian juga tak ada salahnya.

Ada banyak jenis biji-bijian yang dapat dikonsumsi burung dan itu aman untuknya. Dengan pemberian dalam jumlah sedang, biji yang diberikan kepada burung dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Ini beberapa jenis biji yang aman dikonsumsi burung peliharaan melansir dari All About Birds.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Mengatasi Bau Mulut Anjing Peliharaan

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memiliki dua jenis yakni biji bunga matahari minyak hitam dan biji bunga matahari bergaris. Kedua cangkang biji ini tipis, sehingga mudah bagi burung pemakan biji untuk membukanya. Meski Anda dapat mengupasnya dulu, tanpa perlindungan cangkang, biji bunga akan mudah rusak dan dapat menampung bakteri. Jadi berikan secukupnya bila ingin memberi yang sudah terkuas. Keduanya sama-sama mengandung protein, lemak, dan karbohidrat.

Biji Bunga Safflower

Bunga safflower juga memiliki biji seperti bunga matahari, tetapi cangkang bijinya cukup keras dan beberapa burung kesulitan untuk membukanya. Namun, burung grosbeaks, chickadees, merpati, dan burung pipit memakan biji-bijian ini.

Nyjer

Biji nyjer atau juga biasa disebut thistle adalah biji hitam kecil yang tumbuh di Etiopia atau India. Sebelum dijual, biji ini biasanya disterilkan dengan panas agar tidak berkecambah dan tumbuh. Burung finch biasanya menyukai biji-bijian ini

Baca Juga: Bisakah Hamster Makan Kacang-Kacangan? Simak Jawabannya!

Millet

Millet adalah makanan favorit burung-burug. Ini umumnya dijual sebagai jenis campuran biji burung. Ada beberapa jenis millet yang berbeda, tetapi yang terbaik adalah millet proso putih,yang merupakan biji bulat kecil.

Biji Jagung Kupas

Biji jagung sudah bukan asing lagi sebagai makanan burung. Banyak burung yang mengonsumsi biji jagung dengan baik, seperti merpati, belibis, kalkun, burung puyuh, bangau, dan sebagainya. Saat dijual, ada dua jenis penawaran biji jagung ini, yakni biji jagung utuh atau biji jagung retak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News