Keluarga

Ini 5 Cara Menerapkan Feng Shui di Kamar Tidur Sempit dan Ruangan Kecil Lainnya

Ini 5 Cara Menerapkan Feng Shui di Kamar Tidur Sempit dan Ruangan Kecil Lainnya

MOMSMONEY.ID - Anda tidak perlu memiliki rumah yang besar untuk menciptakan ruangan yang estetik dan menarik energi positif. Yuk, intip cara menerapkan Feng Shui di kamar tidur sempit dan ruangan kecil lainnya berikut ini.

Menerapkan Feng Shui di ruangan yang kecil, baik kamar tidur, dapur, maupun ruang tamu sangat mungkin dilakukan dengan perencanaan dan penataan yang tepat. Ini akan membuat rumah Anda memiliki tampilan yang menarik dan baik bagi kesehatan Anda. 

Melansir Architectural Digest, sejak pandemi Covid-19, banyak orang memberi perhatian khusus soal bagaimana lingkungan mereka memengaruhi kesehatan mental dan emosional. Banyak orang yang kemudian berusaha menciptakan lingkungan yang membuat mereka merasa aman dan bahagia. 

Baca Juga: Dengan Cara Ini, Kayu Manis Bisa Menghilangkan Energi Negatif dari Rumah lo

Salah satu caranya adalah menggunakan Feng Shui di rumah mereka. Nah, simak cara menerapkan Feng Shui di rumah mungil Anda, yuk.

Cara menerapkan Feng Shui di rumah mungil Anda

1. Identifikasi tujuan Anda

Cara pertama menerapkan Feng Shui adalah mengidentifikasi tujuan Anda. Seperti, kenapa Anda termotivasi untuk menciptakan keharmonisan di lingkungan Anda? Bagaimana Feng Shui dapat membantu mencapai tujuan Anda? 

Saat berencana menerapkan Feng Shui di rumah kecil Anda, dengan memperjelas jawaban dari pertanyaan di atas, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan efektif.

Anda banyak menghabiskan waktu di rumah. Sehingga, seringkali pandangan kabur dan buta terhadap kekacauan di rumah. Terutama, di ruangan yang kecil, rasanya setiap benda sangat berharga. 

Maka dari itu, coba keluar dari rumah dan masuk kembali kerumah. Kemudian jelajahi rumah Anda seperti orang yang baru pertama kali masuk ke rumah. Masalah apa yang paling mengganggu di ruangan tersebut, apa yang perlu diubah, dibuang, atau diperbaiki. 

Baca Juga: Jangan Simpan Benda Ini di Rumah, Bisa Bawa Sial Lo!

2. Bagi ruangan sesuai dengan fungsinya

Konsep dasar dari Feng Shui adalah dalam aspek kehidupan yang berbeda kita harus memiliki ruang fisik yang berbeda untuk menjaga keseimbangan energi. Namun, membuat area yang berbeda dengan fungsi yang berbeda sangat sulit dilakukan di ruangan kecil. 

Cuma, sebenarnya ada cara mudah menerapkan Feng Shui di ruangan yang mungil. Anda harus lebih fleksibel peran yang dimainkan ruangan dan menetapkan fungsi yang bisa saling melengkapi.

Misalkan, ruang tamu bisa menjadi ruang kerja. Anda bisa melakukan pemisahan fungsi di ruang tamu dengan menggunakan gorden, layar atau karpet. 

3. Menciptakan ruang terbuka yang bebas dri kekacauan

Feng Shui yang baik membutuhkan ruang untuk mengalirkan energi positif yang disebut Chi. Sehingga, sangat penting untuk membersihkan ruang yang berantakan dan menciptakan ketertiban. 

Untuk di ruangan yang mungil buat penyimpanan yang efisien dalam bentuk unit dinding built-in atau rak modular yang bisa mengatasi kekacauan. Selain itu, harus ada cukup ruang terbuka yang memungkinkan Anda untuk berjalan tanpa hambatan yang juga berarti chi bisa mengalir dengan leluasa. 

Baca Juga: Menyimpan Bunga Kering Di Rumah Dipercaya Membawa Sial, Ini Penjelasannya!

4. Pertimbangkan penggunaan warna, cahaya dan jenis tanaman

Cara keempat dalam menerapkan Feng Shui di ruangan kecil adalah mempertimbangkan warna, cahaya dan jenis tanaman.

Pertama, pilih warna yang terinspirasi dari alam baik untuk warna dinding atau peralatan kecil di rumah Anda. 

Kedua, dalam hal cahaya, penting untuk menggunakan lampu meja dan lampu lantai untuk memberikan cahaya yang cukup lembut dan merata. Apalagi, bagian sudut ruangan seringkali terabaikan. 

Ketiga, pilih tumbuhan yang mewakili kekuatan hidup yang paling penting dalam Feng Shui. Namun, penggunaannya harus hati-hati.

Meski tumbuhan ini mewakili umur panjang, kesehatan yang positi dan keharmonisan emosional jika terlalu mendominasi ruangan kecil maka keseimbangan menjadi tidak seimbang. 

5. Buat kesan pertama yang baik

Dalam Feng Shui, pintu masuk sebuah rumah adalah hal yang sangat penting. Ini memberikan kesan pada seluruh rumah. Pintu masuk ini juga menjadi area untuk mengalirkan energi positif ke dalam rumah. 

Untuk menarik energi positif ke dalam rumah, bagian depan rumah haruslah mengundang. Di rumah sempit biasanya pintu masuk langsung membuat mata bisa melihat area dapur atau ruang keluarga. Sehingga, penting untuk menegaskan bagian pintu masuk. 

Anda bisa dengan mengecat puntu masuk dengan warna yang berbeda atau menggunakan cermin untuk membuat area ini terasa lebih luas. Bisa juga dengan menambahkan keset untuk memberikan pesan ke alam semesta bahwa ini adalah pintu masuk.

Tapi, jangan sembarangan memilih keset di pintu masuk Jangan gunakan sesuatu yang mencantumkan nama Anda dan keluarga. Karena berjalan di atas nama dapat menimbulkan energi negatif. 

Demikian 5 cara mudah menerapkan Feng Shui di rumah mungil Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News