CLOSE [X]
ads

Ini 4 Bahan Skincare yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Reporter: Ana Risma
Kamis, 23 Juni 2022 | 14:56 WIB
Ini 4 Bahan Skincare yang Harus Dihindari Ibu Hamil

ILUSTRASI. 4 Bahan Skincare yang Harus Dihindari Ibu Hamil.


MOMSMONEY.ID - Dapat dimaklumi jika Anda ingin tetap terlihat cantik selama hamil. Oleh sebab itu, sah-sah saja bagi Anda untuk tetap menggunakan berbagai produk skincare di masa kehamilan.

Namun, tahukah Anda jika ada beberapa bahan dalam skincare yang bisa menjadi masalah besar tatkala Anda menggunakannya dalam kondisi hamil?

Nah, demi keamanan Anda dan buah hati di dalam kandungan, berikut MomsMoney bagikan informasi seputar bahan skincare apa saja yang harus dihindari oleh ibu hamil sebagaimana dilansir dari Westlake Dermatology, MunkMD, dan Medical News Today. Yuk, catat!

Baca Juga: Rekomendasi 4 Produk Body Lotion & Serum dengan Kandungan Niacinamide

1. Retinol

Retinol merupakan salah satu jenis retinoid. Termasuk komponen umum dalam produk anti-aging, retinol mampu melawan kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya dengan cara mempercepat pergantian sel serta mencegah kerusakan kolagen.

Pada ibu hamil, penggunaan retinol oral bisa menyebabkan komplikasi dan kelahiran cacat.

Adapun bentuk retinoid lainnya selain retinol yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah vitamin A, retinoic acid, retinyl palmitate, retinaldehyde, adapalene, tretinoin, tazarotene, dan isotretinoin.

2. Salicylic acid

Salicylic acid merupakan salah satu jenis BHA (Beta-Hydroxy Acid) yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti jerawat.

Kendati tidak perlu diragukan lagi manfaatnya, namun salicylic acid oral dengan konsentrasi tinggi bisa menyebabkan komplikasi kehamilan dan cacat lahir.

Oleh sebab itu, para ibu hamil wajib menghindari produk-produk skincare yang mengandung salicylic acid berkonsentrasi tinggi.

Ibu hamil juga disarankan untuk tetap menghindari produk-produk OTC yang mengandung salicylic acid meskipun konsentrasinya rendah demi keamanan.

Baca Juga: 4 Perawatan Kecantikan Menggunakan Kopi, Mudah dan Murah

3. Hydroquinone

Hydroquinone sering ditemukan dalam produk pencerah kulit. Melansir Medical News Today, ada penelitian dari tahun 2021 yang melaporkan bahwa kulit bisa menyerap sebanyak 35-45% hydroquinone.

Meskipun hydroquinone tidak menimbulkan efek samping, namun profesional kesehatan merekomendasikan kepada ibu hamil dan menyusui untuk tetap menghindari bahan yang satu ini.

Pasalnya, hydroquinone bisa menyebabkan peningkatan risiko malformasi atau masalah serupa lainnya sebagai konsekuensi dari paparannya.

4. Paraben

Paraben biasa digunakan sebagai bahan pengawet dalam produk kosmetik. Walaupun sering dimanfaatkan dalam industri kosmetik, bukan berarti paraben aman untuk digunakan.

Paraben menawarkan dua masalah yang berbeda yaitu bisa mengganggu hormon dan mudah terserap ke dalam kulit.

Menurut sebuah studi tahun 2016 di Journal of Chemistry, paparan BPA (salah satu jenis paraben) pada fase prenatal telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kehamilan seperti keguguran, berat badan lahir rendah, obesitas, gangguan pertumbuhan janin, serta masalah perilaku.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER