CLOSE [X]
ads

4 Perawatan Kecantikan Menggunakan Kopi, Mudah dan Murah

Reporter: Ana Risma
Rabu, 22 Juni 2022 | 13:10 WIB
4 Perawatan Kecantikan Menggunakan Kopi, Mudah dan Murah

ILUSTRASI. 4 Perawatan Kecantikan Menggunakan Kopi.


MOMSMONEY.ID - Kopi tidak hanya terasa nikmat, tetapi juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Mengutip Healthline, kopi bermanfaat untuk meningkatkan energi, menurunkan risiko diabetes tipe 2, mendorong kesehatan otak, mengatur berat badan, mengurangi risiko depresi, melindungi liver, meningkatkan kesehatan jantung, hingga meningkatkan kinerja atletik.

Di dunia kecantikan, kopi juga sering dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan penampilan kulit dan rambut.

Melansir womansworld.com, berikut 4 perawatan kecantikan menggunakan kopi yang mudah dan murah untuk Anda coba di rumah.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Bisa Bikin Wajah Terlihat Lebih Kencang

1. Merampingkan dagu

Ilustrasi double chin alias dagu berlipat

Sebagai diuretik alami, kopi bisa membantu menghilangkan retensi air penyebab rahang terlihat bengkak.

Jika Anda menginginkan dagu yang terlihat lebih kencang dan ramping, maka perpaduan kopi dengan minyak zaitun yang menghidrasi dan putih telur yang mengencangkan bisa Anda coba.

Campurkan ¼ cangkir bubuk kopi murni dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 putih telur. Aduk hingga merata lalu pijat-pijatkan campuran ini ke kulit bagian rahang hingga tulang selangka. Setelah 15 menit, bilas area yang terkena kopi hingga bersih.

2. Mengurangi selulit

Stretch mark

Kafein dalam kopi mampu mengeringkan sel-sel lemak dari kandungan airnya.

Dengan menggosokkan ampas kopi yang telah diseduh secara langsung ke kulit, itu bisa meningkatkan sirkulasi sekaligus mengencangkan kulit sehingga tampilan selulit akan berkurang secara keseluruhan.

Setelah minum kopi, ambil ampasnya dan pijat-pijatkan pada kulit yang terdapat selulit. Pastikan kulit Anda dalam keadaan lembab ya. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali seminggu.

3. Mengurangi kantung mata

Kantung mata

Kopi mengandung tanin yang bisa mengeluarkan cairan yang terperangkap penyebab pembengkakan di bawah mata.

Ketika kopi diterapkan di area mata yang bengkak atau berkantung dalam bentuk es batu, suhu dingin pada kopi akan menyempitkan pembuluh darah. Pada gilirannya, cara ini akan mengurangi tampilan kantung mata dan lingkaran hitam serta membuat wajah tampak lebih muda.

Tuangkan 1 cangkir kopi yang sudah diseduh ke dalam cetakan es batu dan bekukan semalaman. Keesokan paginya, ambil kopi yang telah menjadi es dan gunakan untuk menggosok area sekitar mata yang tertutup dengan lembut. Biarkan cairan kopi menempel pada kulit selama 10 menit sebelum Anda membilasnya.

4. Mendorong pertumbuhan rambut

Rambut panjang

Ketika diserap oleh kulit kepala, kopi bisa meningkatkan sirkulasi dan membawa nutrisi yang mendorong pertumbuhan folikel rambut. Kopi juga dapat menekan DHT atau hormon penyebab rambut rontok.

Untuk mempercepat hasil, Anda bisa mencampurkan kopi dengan air kelapa karena air kelapa mengandung vitamin B yang bagus untuk memperkuat helai rambut sekaligus mencegah kerontokan.

Campurkan 1 cangkir kopi dan 1 cangkir air kelapa murni kemudian aduk hingga merata. Pijat kulit kepala Anda menggunakan campuran tersebut dengan gerakan melingkar. Terakhir, bilas kepala Anda hingga benar-benar bersih dari residu kopi.

Demikian 4 perawatan kecantikan menggunakan kopi yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru