Santai

Ingin Tahu Kapan Waktu Tepat untuk Unfollow Akun di Instagram? Ini Jawabannya

Ingin Tahu Kapan Waktu Tepat untuk Unfollow Akun di Instagram? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Mulai jenuh dengan banyaknya akun yang diikuti di media sosial? Cari tahu kapan waktu yang tepat untuk unfollow atau berhenti mengikuti akun Instagram berikut ini.

Mengikuti banyak akun dalam media sosial Instagram ternyata bisa memicu munculnya perasaan jenuh hingga perasaan yang tidak sehat.

Ketika sudah muncul perasaan tersebut, biasanya akan diikuti dengan munculnya keinginan untuk unfollow atau berhenti mengikuti akun-akun Instagram. Namun, beberapa pertimbangan kerap menjadi bahan pikiran yang membingungkan.

Bagi yang butuh pencerahan, beberapa alasan berikut dapat dijadikan tanda dan pertimbangan ketika ingin unfollow akun Instagram orang lain:

Baca Juga: Oniomania Disorder, Gangguan Kecanduan Belanja Rentan Dialami Perempuan

Akun membosankan dan tidak informatif

Akun yang membosankan dan cenderung tidak memberikan banyak informasi baru juga bisa dijadikan alasan untuk berhenti mengikuti. Akun Instagram sebaiknya digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya.

Jika akun tersebut merupakan akun motivasi dan informasi, sebaiknya akun tersebut tidak dibuat dengan membosankan. Sehingga tidak memicu followers-nya untuk meng-unfollow akun tersebut.

Akun rasis dan provokatif

Ada baiknya juga untuk mulai berhenti mengikuti sebuah akun jika akun tersebut merupakan akun yang rasis dan provokatif. Tak perlu pikir panjang, sebaiknya langsung saja berhenti mengikuti akun yang memberikan dampak buruk bagi mindset seseorang.

Laman Cheat Sheet menyebutkan, di masa kini, dengan teknologi dan perkembangan mindset yang makin maju, kebebasan seseorang untuk meng-unfollow sebuah akun merupakan hal yang menjadi pilihannya masing-masing. Terutama, jika akun tersebut merupakan akun yang bermasalah.

Baca Juga: Jauhi 5 Kepribadian Toxic Ini Jika Ingin Hidup Tenang dan Nyaman

Kebutuhan menjadi sempurna

Jika sebuah akun Instagram yang Anda ikuti terasa menuntut Anda untuk menjadi sempurna, maka sebaiknya mulai untuk unfollow akun tersebut.

Hal-hal yang ditampilkan dalam sosial media tentunya telah melalui beberapa proses seleksi dan edit sehingga yang nampak hanyalah hal yang sempurna saja.

Penting unuk mulai memikirkan kembali beberapa feedback yang didapat dari mengikuti sebuah akun influencer atau teman di Instagram.

Membandingkan diri sendiri

Ketika Anda sering mengalami kondisi di mana Anda sering membandingkan diri dengan orang yang Anda ikuti di Instagram, tanda tersebut bisa dijadikan alasan utama untuk meng-unfollow beberapa akun yang Anda anggap toxic.

Menurut laman Byrdie, perbandingan yang dilakukan melalui sosial media bisa menyebabkan rasa tidak puas terhadap kehidupan maupun gaya hidup yang telah dimiliki. Sehingga, bisa memicu terjadinya masalah gangguan mental dalam jangka panjangnya.

Selain itu, jika dirasa akun tersebut memberikan trigger yang melukai diri dan mengganggu mental, sebaiknya juga mulai berhenti untuk diikuti, ya.

Jika sudah menemukan satu dari alasan untuk berhenti mengikuti seseorang di sosial media tersebut, jangan ragu untuk unfollow akunnya, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News