Santai

Oniomania Disorder, Gangguan Kecanduan Belanja Rentan Dialami Perempuan

Oniomania Disorder, Gangguan Kecanduan Belanja Rentan Dialami Perempuan

MOMSMONEY.ID - Kesulitan untuk mengontrol keinginan berbelanja ternyata disebut sebagai oniomania disorder. Apakah itu?

Apakah Anda pernah memiliki keinginan belanja yang tak terbendung? Atau, Anda ingin membeli segala hal saat berbelanja?

Perilaku tersebut merupakan sebuah kondisi yang mengarah pada oniomania disorder.

Oniomania disorder adalah gangguan yang juga sering disebut dengan compulsive buying disorder.

Jadi, seseorang berada dalam kondisi di mana ia merasa tidak dapat mengontrol keinginannya untuk berbelanja.

Baca Juga: Penggemar Kopi Wajib Tahu, Ini Sejarah Penyebaran Kopi di Dunia

Seseorang dengan gangguan ini memiliki urgensi membelanjakan uang untuk hal-hal yang mereka inginkan dengan tidak terkontrol. Tujuannya adalah untuk memuaskan perasaan mereka sendiri.

Hingga kemudian berakhir pada munculnya kecanduan, masalah keuangan, dan uang yang lebih mudah habis karena membeli barang tidak penting.

Oniomania atau compulsive buying disorder, menurut laman Metro, lebih banyak melanda kaum perempuan. Terutama, lebih rentan melanda perempuan yang tinggal di daerah perkotaan.

Hal ini juga sering kali muncul sebagai keinginan impulsif untuk berbelanja online bagi kaum perempuan.

Penyebab utama dari gangguan ini adalah kecanduan, di mana seseorang dengan gangguan ini memiliki keinginan untuk membelanjakan uang terus menerus.

Baca Juga: Viral di TikTok, Apa sih Reset Routine Itu? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Penyebab lainnya adalah karena ada alasan untuk menutupi rasa menyesal. Bermula dari membeli suatu barang secara impulsif yang berujung penyesalan.

Kemudian, emosi tersebut berusaha dialihkan dengan berbelanja barang lainnya, agar perasaan menyesal tersebut diharapkan bisa menghilang.

Selain itu, orang-orang dengan gangguan ini juga menganggap belanja adalah kegiatan untuk meredakan stres.

Faktor penyebab lainnya adalah karena masa kecil. Laman Wikidoc menyebutkan, kebiasaan ini bisa terbangun karena cara didik orang tua.

Terutama, bagi orang tua yang membiasakan anak mereka untuk mendapatkan hadiah atau mainan sebagai support emosionalnya.

Baca Juga: Kenapa Mantan Suka Kembali Menghubungi Setelah Putus? Ini 5 Alasannya

Akhirnya, kebiasaan tersebut terbawa hingga dewasa. Membuat mereka selalu membeli barang sebagai salah satu cara mendapatkan support secara emosional.

Bukan cuma itu, kondisi ekonomi dan sosial juga berperan penting menjadi penyebab munculnya perilaku ini pada seseorang. Terutama, gaya hidup yang mewah dan pergaulan.

Ciri-ciri atau tanda bahwa seseorang mengalami oniomania disorder adalah selalu membelanjakan uang dengan hal-hal yang ia inginkan saja namun tidak dibutuhkan.

Tanda lainnya adalah orang tersebut merasa kesenangannya terpuaskan saat sedang berbelanja saja.

Tapi, setelahnya, ada kemungkinan ia merasa menyesal telah menghabiskan uang dengan tidak terkontrol. Lalu, untuk menutupi rasa penyesalannya tersebut, ia akan menghabiskan uang lagi untuk berbelanja dan begitu seterusnya hingga menimbulkan kecanduan.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang oniomania disorder, gangguan kesulitan menahan keinginan untuk belanja yang lekat dengan kehidupan masa kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News