HOME, Keluarga

Ingin Punya Rumah Minimalis ala IKEA? Yuk, Kenalan dengan Gaya Skandinavia

Ingin Punya Rumah Minimalis ala IKEA? Yuk, Kenalan dengan Gaya Skandinavia

MOMSMONEY.ID - Gaya rumah minimalis masih menjadi salah satu gaya interior rumah yang cukup digemari. Salah satu rujukan yang banyak digunakan untuk menciptakan rumah minimalis adalah IKEA. Tidak heran, karena katalog-katalog IKEA selalu menampilkan desain interior rumah yang cantik dan minimalis.

IKEA merupakan toko penyedia furnitur dan dekorasi rumah asal Swedia yang banyak mengadaptasi gaya Skandinavia dalam desain furniturnya. Oleh karena itu, untuk menciptakan rumah ala IKEA, Anda dapat menggunakan unsur-unsur desain interior bergaya Skandinavia.

Namun, apa itu gaya Skandinavia? Apa saja yang dibutuhkan dalam mendekorasi rumah dengan gaya ini?

Baca Juga: Rekomendasi 5 Akun Instagram untuk Referensi Dapur Minimalis

Untuk mengetahui jawabannya, kali ini MomsMoney sudah merangkum beberapa hal mendasar yang perlu Anda ketahui soal gaya rumah Skandinavia. Simak di bawah, ya!

Apa itu gaya Skandinavia?

Dilansir dari mydomaine.com, gaya Skandinavia adalah salah satu gaya minimalistik yang menggabungkan tekstur dan warna-warna lembut untuk menciptakan dekorasi rumah yang terasa hangat dan mengundang.

Gaya Skandinavia berfokus pada bentuk dan garis yang bersih dan tegas, serta furnitur sederhana yang fungsional, nyaman, dan terlihat cantik.

Gaya ini mulai muncul sekitar tahun 1930-an di negara-negara Nordik seperti Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia. Namun, gaya Skandinavia mulai populer sekitar tahun 1950-an di Amerika, dan menjadi salah satu tren desain interior yang populer hingga sekarang.

Apa saja ciri khas gaya Skandinavia?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gaya Skandinavia berfokus pada bentuk dan garis yang terlihat bersih dan tegas. Selain itu, furnitur yang digunakan dalam rumah bergaya Skandinavia harus simpel, namun tetap fungsional dan nyaman untuk digunakan.

Dikutip dari decoraid.com dan linesmag.com, berikut beberapa karakteristik atau ciri khas dari desain interior bergaya Skandinavia:

Pencahayaan yang terang

Pencahayaan yang terang merupakan salah satu unsur utama yang wajib ada di rumah bergaya Skandinavia. Untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal di rumah, Anda dapat menggunakan jendela-jendela besar dengan gorden berwarna terang atau vitras supaya cahaya tidak terblokir.

Warna-warna lembut dan kalem

Sama seperti rumah bergaya minimalis, rumah Skandinavia banyak menggunakan warna-warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan coklat dengan tone yang lembut sehingga menciptakan kesan ruangan yang bersih dan kalem. Namun, Anda juga bisa menambahkan aksen warna seperti hijau atau pink supaya ruangan tidak terasa monoton.

Baca Juga: 5 Ide Dekorasi Rumah Minimalis Dengan Warna Monokrom

Material dan bahan alam

Rumah bergaya Skandinavia banyak menggunakan material kayu, misalnya untuk furnitur atau lantai rumah. Karena gaya Skandinavia menggunakan warna-warna lembut, maka Anda disarankan untuk menggunakan material kayu dengan warna terang untuk menambah kesan ruangan yang cerah dan lapang.

Dekorasi simpel, nyaman, dan fungsional

Gaya Skandinavia menyukai dekorasi rumah yang simpel dan nyaman digunakan. Pilihlah dekorasi dan furnitur dengan bentuk yang simpel, dan tambahkan tekstur lembut seperti bantal atau karpet untuk menambah kenyamanan dalam ruangan.

Tanaman segar

Material atau elemen alam tidak hanya didapatkan dari furnitur berbahan kayu, tapi Anda juga bisa menambahkan tanaman hias untuk menambah kesan alami dan segar di dalam rumah bergaya Skandinavia. Pilihlah tanaman hias kesukaan yang cocok untuk dipajang di dalam rumah.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal gaya Skandinavia. Bagaimana, tertarik untuk mendekorasi rumah Anda dengan gaya ini?

Selanjutnya: 7 Jenis Pagar Rumah yang Umum Digunakan, Wajib Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News