HOME, Keluarga

Ingin Pelihara Reptil? Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Memeliharanya

Ingin Pelihara Reptil? Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Memeliharanya

MOMSMONEY.ID - Hewan reptil dan amfibi merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang tak biasa dan dianggap masih berisiko. Namun sebenarnya, mereka hewan yang cukup tenang dan mudah dalam pemeliharaannya, tetapi tetap saja Anda tak boleh sembarangan.

Dalam memelihara hewan seperti reptil atau amfibi, Anda perlu mengetahui dasar-dasar dalam merawatnya. Misalnya, memilih jenis pakan, pemberian tempat tinggal, dan mengutamakan soal kebersihannya.

Selain itu, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi bila Anda akan merawat hewan reptil. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara hewan reptil.

Baca Juga: Waspadai Beberapa Penyakit Ini yang Bisa Ditularkan Reptil ke Manusia

Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi

Syarat utama, dilansir dari HPSC, reptil tidak boleh dipelihara sebagai hewan peliharaan di rumah yang memiliki anak di bawah usia lima tahun. Alasannya, reptil cukup rentan terkena infeksi bakteri yang berbahaya bagi manusia.

Misalnya, bakteri clostridium yang amat mudah menginfeksi bayi karena masih lemah. Orang-orang dengan gangguan imun atau penyakit keras, juga tidak disarankan untuk memelihara reptil.

Selain itu, ketika akan memelihara reptil, Anda harus berkomitmen dengan apapun yang terjadi. Kasus reptil banyak yang sakit atau tidak berusia panjang karena tanggung jawab pemilik yang kurang. Anda harus siap mengenai hewan peliharaan apapun. Faktor biaya tentu menjadi syarat untuk merawat hewan.

Reptil sejatinya adalah hewan berdarah dingin. Hal-hal yang membuatnya terancam tak segan-segan akan digigit sebagai bentuk perlindungan diri. Jika suatu saat Anda digigit oleh hewan reptil Anda, ini adalah risiko. Maka, butuh pengetahuan yang baik dalam menangani hewan reptil. Jangan sampai Anda kapok dan menelantarkan reptil karena risiko ini.

Menyediakan Kandang

Setelah menentukan reptil apa yang akan dipelihara, Anda perlu menyediakan kandang yang cocok dengan ukuran tubuh dan habitatnya. Reptil biasanya ditempatkan di vivarium yakni sebuah tempat buatan yang dibentuk sesuai dengan habitat asli hewan.

Hewan reptil juga membutuhkan suhu yang hangat untuk membantunya dalam proses pencernaan makanan dan mengatur suhu tubuhnya. Jadi, Anda perlu menambahkan lampu untuk menghangatkan tubuhnya sebagai ganti sinar matahari langsung. Selain itu, Anda juga perlu membuatkan tempat berteduh untuk bersembunyi atau menghilangkan kelebihan panas.

Baca Juga: Yuk, Kenali Reptil Tuatara! Ini Reptil Tertua Sejak Era Dinosaurus

Pemilihan Pakan

Reptil ada yang karnivora dan omnivora. Namun, reptil karnivora tak seperti anjing dan kucing yang bisa memakan makanan buatan manusia seperti nasi. Anda harus mencocokkan jenis pakan untuk reptil sesuai dengan kelasnya. Misalnya ular yang memakan tikus yang telah dimatikan atau kura-kura yang memakan sayuran hijau segar seperti selada.

Jaga dari Jangkauan Anak-Anak

Meski Anda memiliki anak yang telah berusia di atas lima tahun, tetap jaga jangkauan anak-anak dengan hewan reptil. Bagaimana pun juga, anak-anak tak cukup baik berhadapan dengan reptil karena rasa ingin tahunya tinggi.

Bila memang reptil adalah hal yang menarik untuk mereka, bimbinglah mereka untuk mengenal reptil dalam pengawasan Anda. Jauhkan tangan mereka berdekatan dengan mulut reptil dan mencium reptil. Ini dikhawatirkan dapat membuat anak terinfeksi bakteri yang mungkin ada pada diri reptil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News