HOME, Santai

Ingin Mencoba Skincare Baru? Ikuti 4 Tips Ini Dulu Sebelum Menggunakannya

Ingin Mencoba Skincare Baru? Ikuti 4 Tips Ini Dulu Sebelum Menggunakannya

MOMSMONEY.ID - Menggunakan produk skincare tentunya menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan oleh wanita dari usia remaja hingga dewasa.

Tak jarang jenis-jenis produk skincare baru biasanya akan banyak dicoba oleh para wanita. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba skincare baru.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum mencoba skincare baru agar tidak memberikan efek buruk pada kulit.

Baca Juga: Inilah Manfaat Lipohydroxy Acid (LHA) untuk Kulit Wajah, Sudah Tahu?

Patch test

Untuk menghindari efek alergi dan iritasi, tips pertama yang perlu dilakukan untuk mencoba skincare baru adalah dengan melakukan patch test.

Melansir dari laman Insider, patch test sendiri dapat dilakukan dengan meletakkan skincare pada bagian kecil kulit seperti belakang telinga atau lengan sebelum mencobanya di seluruh kulit wajah. Hal tersebut ditujukan untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi dan iritasi dari produk tersebut.

Gunakan bertahap

Setelah melakukan patch test dan tidak menimbulkan hasil alergi atau iritasi, ada baiknya untuk mulai memperkenalkan produk pada area wajah secara bertahap.

Mulailah gunakan produk skincare baru tersebut secara rutin seminggu sekali, kemudian seminggu dua kali, dan seterusnya. Hingga benar-benar tidak ada efek samping yang dirasakan ketika menggunakan produk skincare tersebut setiap hari.

Baca Juga: Yuk, Ubah Sampah Botol Skincare Jadi Uang! Ini Dia Cara Mudahnya!

Miliki skincare routine

Jika produk skincare baru tersebut telah bisa digunakan setiap hari, maka buatlah skincare routine dengan mulai memasukkan produk tersebut dalam rutinitas merawat wajah.

Pastikan Anda mengetahui bahan dan kandungan dalam skincare tersebut. Agar Anda bisa mengetahui dengan pasti waktu yang tepat untuk menggunakan skincare. Laman Medium juga menjelaskan bahwa Anda juga harus mengetahui jenis kulit yang Anda miliki agar bisa membantu produk bekerja lebih baik.

Konsisten

Produk skincare tentunya tidak bisa memberikan hasil spontan dalam jangka waktu 2-3 hari. Dibutuhkan waktu 3-4 bulan untuk bisa mendapatkan hasil dari penggunaan produk skincare pada wajah.

Maka dari itu dibutuhkan konsistensi untuk menggunakan produk skincare baru tersebut. Usahakan untuk tidak sering mengganti produk skincare baru dalam jangka waktu pendek untuk menghindari rusaknya kondisi kulit dan skin barrier karena terlalu banyak produk baru yang dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News