HOME, Bugar

Ingin Konsultasi Kesehatan Mental? Ini Bedanya Psikolog dan Psikiater

Ingin Konsultasi Kesehatan Mental? Ini Bedanya Psikolog dan Psikiater

MOMSMONEY.ID - Saat ini masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara psikolog dan psikiater. Meskipun kedua profesi ini berkaitan dengan kesehatan mental, tetapi ada perbedaan mendasarnya. 

Psikiater sebenarnya adalah spesialisasi dari ilmu kedokteran. Berikut adalah beberapa contoh gangguan mental yang ditangani oleh psikiater, dikutip daro Mental Health.

  • Fobia
  • Depresi dan demensia
  • Gangguan kepribadian
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan tidur dan makan
  • Gangguan obsesif kompulsif (OCD)
  • Gangguan stres pascatrauma (PTSD)
  • Skizofrenia
  • Kecanduan obat-obatan atau minuman beralkohol

Baca Juga: Jika Anda Mengalami Stres, Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini

Selain menangani kondisi di atas, psikiater juga sering dilibatkan dalam penanganan penyakit yang dapat berkaitan dengan kondisi psikologis pasien, seperti gangguan pada otak, penyakit kronis, kanker, atau penyakit HIV/AIDS.

Itu sebabnya psikiater bertanggung jawab untuk mendiagnosis gangguan mental seorang pasien dan menentukan pengobatan yang akan dilakukan, karena keahlian mereka berfokus pada ketidakseimbangan kimia di dalam otak manusia.i

Sementara psikolog menangani kasus-kasus kejiwaan, mendiagnosis gejala psikologis pasien, dan melakukan psikoterapi sebagai bentuk penanganannya.

Itu sebabnya, psikolog berkompeten untuk melakukan beberapa tes psikologi yang kemudian hasilnya diinterpretasikan sebagai jawaban dari masalah yang dialami oleh pasiennya, dikutip dari Mental Health.

Beberapa tes yang bisa dilakukan oleh seorang psikolog antara lain tes IQ, minat bakat, tes kepribadian dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Gerd Anxiety yang Rentan Terjadi di Usia Muda

Sayangnya, psikolog tidak bisa meresepkan obat-obatan, karena dalam menangani kasus kejiwaan mereka berfokus pada terapi psikososial untuk mengendalikan perilaku, pikiran, dan emosi pasien.

Jika Anda mengeluhkan masalah atau gangguan mental, entah karena depresi atau pun gangguan kecemasan, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter umum.

Kemudian, ia akan melakukan diagnosis awal terkait kondisi yang dibutuhkan untuk membantu mengidentifikasi masalah kesehatan jiwa yang Anda hadapi.

Dokter umum akan memberikan rekomendasi psikiater ataupun psikolog yang sesuai dengan Anda, berdasarkan pada situasi spesifik dan jenis pengobatan yang mungkin Anda butuhkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News