Jika Anda Mengalami Stres, Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 10 Oktober 2021 | 08:05 WIB
Jika Anda Mengalami Stres, Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini

ILUSTRASI.

MOMSMONEY.ID - Kalau lagi stres, kita seringkali susah untuk mengendalikan diri. Gampang uring-uringan, mudah tersinggung, dan juga pola makan jadi makin nggak karuan. Dan kalau stres itu tidak dikelola dengan baik, maka dampak negatifnya bisa makin parah.  

Bila Anda memiliki masalah dengan kesehatan mental, seperti kegelisahan, stres, dan depresi, bijaksanalah dalam memilih makanan. Hindari makanan yang makin memicu masalah mental itu.  

Berikut makanan dan minuman penyebab depresi yang baiknya dihindari agar perasaan sedih dan tertekan tak semakin menjadi. 

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Cantengan pada Kuku

1. Jus Buah

Serat dalam buah utuh membuat Anda merasa kenyang dan memperlambat kerja darah dalam mengambil energi. Jika buah dibuat jus, serat dapat hilang dan ini berarti ibarat Anda hanya minum air gula yang dapat menimbulkan lonjakan darah.  

Hal itu dapat membuat Anda  cepat lapar dan emosi. Kondisi ini sama sekali tidak membantu mengatasi depresi. Lebih baik makan buah dalam bentuk utuh atau dipotong-potong. 

2. Kopi

Jika Anda tidak biasa minum kopi, kafein dalam kopi bisa membuat gelisah dan gugup, serta mengancam kualitas tidur. Kedua hal tersebut sama sekali tidak akan membantu Anda mengatasi depresi. Jika Anda penggemar kopi dan sedang mengalami depresi, perlahan kurangi asupan kopi.   

3. Soda
Minuman bersoda tak hanya mengandung gula yang tinggi, tapi juga pewarna buatan dan aspartam, zat yang banyak ditemukan pada minuman bersoda dan permen karet, serta biasanya berbahaya. 

Selain bisa menghambat produksi serotonin pada otak seperti gula, aspartam dituduh sebagai salah satu penyebab sakit kepala, insomnia, kegelisahan, dan suasana hati yang naik-turun, serta dikaitkan dengan beberapa jenis kanker. 

4. Gorengan yang terlalu asin dan gurih

Dilansir dari foxnews, kentang goreng merupakan salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang stres. 

Salah satu hasil penelitian Wake Forest University School of Medicine menyebutkan bahwa makan kentang goreng saat suasana hati turun bisa menyebabkan kenaikan badan lebih cepat. 

Di samping itu, kentang goreng juga memicu perkembangan lemak dalam tubuh lebih banyak. Jadi sebisa mungkin hindari kentang goreng dan aneka gorengan yang terlalu asin atau gurih saat sedang stres, ya. 

5. Gula
Meski hasil penelitian menunjukkan gula tak ada kaitan dengan masalah mental, pemanis mengakibatkan perubahan pada tubuh yang bisa memperparah masalah mental. Sama dengan kafein, gula juga bisa mengubah suasana hati, sulit berkonsentrasi, dan kelelahan. 

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Bisa Membantu Meredakan Vertigo

Supaya dapat benar-benar terlepas dari jerat depresi, Anda juga bisa melakukan olahraga secara rutin, menerapkan gaya hidup sehat, serta stop kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. 

Jika cara-cara ini tak juga mampu mengatasi stres dan depresi, mungkin saatnya Anda berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Selanjutnya: Hustle Culture, Budaya Gila Kerja yang Bisa Mengancam Kesehatan Mental

Editor: Helvana Yulian
Terbaru