HOME, InvesYuk

IHSG Menguat di Awal Pekan, Mengapa?

IHSG Menguat di Awal Pekan, Mengapa?

MOMSMONEY.ID - Di awal pekan ini, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat. Pada penutupan perdagangan hari Senin (23/8), IHSG menguat 1,31% atau 79,06 poin ke 6.109,83.

Bila dilihat di RTI, total volume transaksi bursa mencapai 22,81 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 12,63 triliun. Sebanyak 377 saham menguat. Ada 147 saham turun harga dan 127 saham flat. Investor asing mencatat net buy Rp 156,94 miliar di pasar reguler. Sedangkan asing mencatat net sell Rp 1,06 miliar di seluruh pasar.

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto menilai, penguatan IHSG disebabkan beberapa faktor. Seperti pemulihan indeks regional pasca pelemahan yang signifikan di pekan lalu. "Ya, meskipun investor cenderung masih wait and see menanti signal terkait tapering dari The Fed di pekan ini," ujarnya.

Namun, William meyakini IHSG mampu menguat seiring pernyataan The Fed terkait kebijakan suku bunga nantinya. Disamping itu, penguatan IHSG hari ini kata William, didorong kenaikan harga komoditas minyak mentah global. Kenaikan harga minyak mentah turut mendorong harga di saham-saham energi. Dan seiring penguatan IHSG hari ini, sektor energi melesat 2,66%.

Untuk besok, William memperkirakan IHSG berpotensi bergerak menguat. Dengan proyeksi di level 6.000 sampai dengan 6.172. Adapun saham-saham yang layak dicermati pelaku pasar yaitu JPFA, JSMR, MEDC, SSIA.

Baca Juga: 5 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Indonesia Amankan Lebih dari 200 juta Vaksin Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News