HOME, Keluarga

5 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Indonesia Amankan Lebih dari 200 juta Vaksin Covid-19

5 Juta Vaksin Sinovac Tiba, Indonesia Amankan Lebih dari 200 juta Vaksin Covid-19

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Indonesia kembali mendatangkan 5 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac, Senin (23/8). Dengan ini, Indonesia telah menerima lebih dari 200 juta vaksin Covid-19, baik vaksin jadi maupun bulk atau bahan baku.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi mengatakan, untuk mengamankan vaksin saat ini bukanlah hal yang mudah.

"Di tengah kelangkaan vaksin di dunia pada saat ini, memastikan ketersediaan stok vaksin bukanlah tugas yang mudah," ujar Heru seperti yang dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (23/8).

Menurutnya,  Indonesia pun patut bersyukur berhasil mengamankan stok vaksin untuk kebutuhan perlindungan kepada warganya. Sebagai wujud syukur tersebut,  vaksin yang tersedia harus dioptimalkan juga percepatan program vaksinasi agar herd immunity atau kekebalan bisa lebih cepat terbangun.

Baca Juga: Saatnya Staycation! Dapatkan Keuntungan Sudah Vaksin dari PegiPegi

Dia mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menargetkan ada 2 juta vaksinasi per gari. Dia pun mengatakan hal tersebut bisa tercapai di akhir bulan ini dengan dukungan segala pihak.

Adapun, dari sisi anggaran, Kementerian Keuangan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp57,75 triliun untuk vaksinasi di 2021. Dia pun meminta semua pihak bekerja bersama dan berkolaborasi untuk melaksanakan percepatan dan perluasan program vaksinasi tersebut.

Lebih lanjut, dia pun meminta adanya dukungan dari masyarakat, dengan sesegera mungkin mengikuti vaksinasi.

"Tua, muda, anak-anak, semuanya. Ikuti vaksinasi, untuk melindungi diri kita, keluarga kita, dan bangsa kita," ujar Heru.

Sebagai informasi, hingga saat ini sudah ada 57 juta orang Indonesia telah divaksinasi, dengan 31 juta di antaranya telah divaksinasi dua dosis atau lengkap. Dari target 208 juta orang untuk membangun herd immunity, artinya masih sekitar 150 juta orang lagi yang harus divaksinasi.

Tak hanya vaksinasi, Heru pun mengingatkan agar masyarakt tetap  disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam seluruh aktivitas, terutama memakai masker dan mematuhi aturan pembatasan mobilitas yang ditetapkan pemerintah.

Selanjutnya: Yuk, Simak Panduan Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News