HOME, InvesYuk

IHSG Hari Ini (3/1) Ditutup Perkasa Akibat January Effect

IHSG Hari Ini (3/1) Ditutup Perkasa Akibat January Effect

MOMSMONEY.ID -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 83,82 poin atau 1,27% ke 6.665,30 pada akhir perdagangan Senin (3/1). Sebanyak 321 saham naik, 215 saham turun dan 148 saham stagnan.

Sembilan indeks sektoral menguat, menopang kenaikan IHSG. Indeks sektoral dengan kenaikan tertinggi adalah IDX Sektor Teknologi yang naik 4,53%, IDX Sektor Transportasi naik 2,35% dan IDX Sektor Keuangan yang naik 1,84%.

Sementara itu, satu indeks sektoral tergelincir ke zona merah yakni IDX Sektor Kesehatan yang melemah 0,16%.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Hunian di Indonesia, Apa Saja?

Adapun, rotal volume perdagangan saham di bursa hari ini mencapai 21,68 miliar saham dengan total nilai Rp 9,77 triliun.

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto menyebut penguatan IHSG hari ini didorong oleh January effect. Dimana perdagangan di awal tahun cenderung positif seiring dengan outlook positif di tahun yang baru.

"Selebihnya, terdapat rilis data inflasi bulan Desember yang meningkat ke level 1,87% year on year (YoY). Hal ini mengindikasikan adanya pertumbuhan konsumsi," ujarnya dalam riset, Senin (3/1).

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Capai 281 Juta, Jokowi: Ini Tidak Mudah

Disamping itu pula, William mencermati bahwa memulai pekan ini, IHSG mampu ditutup menguat di perdagangan bursa juga dipengaruhi harga komoditas yang mayoritas bergerak menguat.

Dari catatannya, harga crude palm oil (CPO Malaysia mengalami penguatan 2,66% didorong oleh potensi produksi yang terbatas sepanjang tahun 2022.

Hal ini kata William juga seiring dengan meningkatnya harga pupuk serta keterbatasan pekerja perkebunan di Malaysia dengan varian omicron yang menghambat proses imigrasi pekerja dari Indonesia.

Dalam perdagangan Selasa (4/1) besok, William memproyeksikan IHSG cenderung bergerak menguat di rentang 6.600 sampai 6.700.

Baca Juga: Resep Gorengan Jagung Krispi Saus Asam Manis yang Istimewa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News