HOME, Keluarga

Ide Desain Dapur Terbuka yang Lapang dan Menyegarkan

Ide Desain Dapur Terbuka yang Lapang dan Menyegarkan

MOMSMONEY.ID - Dapur dengan konsep terbuka atau open kitchen sudah lama diminati banyak pemilik rumah.

Sebab, konsep dapur terbuka memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan dapur biasa. Misalnya, ruang gerak yang lebih leluasa, sirkulasi udara yang lebih lancar, dan pencahayaan yang optimal. Jadi, konsep dapur ini akan menawarkan pengalaman memasak yang berbeda dari biasanya.

 Dapur terbuka tidak harus menghadap ke halaman belakang rumah. Namun, dapur yang ditempatkan pada rumah bertipe open space juga bisa disebut sebagai dapur terbuka karena tidak ada sekat yang memisahkan antar ruangan di rumah.

Nah, jika Anda tertarik dengan konsep dapur ini, intip dulu beberapa contoh desain dapur terbuka berikut ini. Siapa tahu, ada satu atau dua ide yang bisa Anda tiru!

Baca Juga: Plus dan Minus Rumah dengan Konsep Open Space, Yuk Pahami Lebih Jauh

Area yang serbaguna

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by M A T T (@upgrading_upton)

Dapur dengan konsep terbuka umumnya dijadikan satu dengan ruang makan. Tujuannya, tentu untuk menghemat tempat dan memudahkan pergerakan saat akan menyajikan dan membereskan makanan.

Namun, fungsi dapur terbuka tak hanya sebatas itu saja. Ketiadaan sekat membuat dapur dan ruang makan dapat digunakan sebagai tempat lain, misalnya area baca dan bersantai seperti gambar di atas. Pintu kaca dipasang pada satu sisi ruangan untuk memasukkan cahaya sebanyak-banyaknya, sehingga ruangan terasa cerah.

Minimalis dan monokrom

Dapur dengan konsep terbuka tidak mengenal gaya interior rumah. Artinya, Anda bebas mengaplikasikan konsep dapur ini pada gaya interior apapun.

Contohnya seperti dapur di atas, yang menggunakan konsep dapur terbuka dengan gaya interior minimalis. Menggunakan warna-warna monokrom yang simpel, dapur terbuka yang dilengkapi dengan jendela besar ini memberi kesan elegan yang modern. Meja makan juga diletakkan agak jauh dari kitchen island supaya penghuni rumah leluasa bergerak.

Baca Juga: 5 Ide Desain Dapur Minimalis Warna Biru, Cantik dan Menenangkan

Hangat dan nyaman

Jika dapur terbuka Anda menghadap arah timur atau barat, besar kemungkinan dapur Anda akan terekspos dengan cahaya matahari pagi dan sore yang hangat. Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuat dapur Anda makin cantik.

Salah satu cara yang paling mudah adalah menggunakan warna hangat pada dapur. Warna ini bisa Anda munculkan lewat furnitur kayu, warna cat dinding, bahkan pernak-pernik ruangan. Hasilnya, ketika ditimpa cahaya matahari, dapur Anda akan terlihat estetik dan nyaman.

Cerah dan sederhana

Konsep dapur terbuka identik dengan kesan lapang dan cerah. Untuk menonjolkan kesan tersebut, Anda bisa menggunakan warna putih bersih pada seluruh permukaan dapur sehingga cahaya yang masuk bisa terpantul dengan baik.

Jika penggunaan warna putih dirasa terlalu silau, coba imbangi dengan warna gelap pada satu area. Misalnya seperti dapur di atas, yang menggunakan kitchen island warna biru gelap yang tetap sederhana dan cocok dengan penampilan dapur.

Bagaimana, dapur-dapur di atas terlihat cantik dengan konsep terbuka, kan? Tertarik mengaplikasikan konsep ini pada dapur Anda?

Selanjutnya: Segar Bagai di Laut, Ini Dia Inspirasi Kamar Mandi Minimalis Warna Tosca

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News