HOME, Keluarga

Hindari 8 Kebiasaan yang Bisa Memperparah Jerawat!

Hindari 8 Kebiasaan yang Bisa Memperparah Jerawat!

MOMSMONEY.ID - Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang menjadi musuh bagi banyak orang. Dikutip dari Wikipedia, jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Jerawat dapat tumbuh akibat perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB dan stres.

Jika Anda lelah menghadapi jerawat padahal sudah mencoba berbagai skincare untuk mengatasinya, maka perlu memerhatikan dan memperbaiki kebiasaan apa saja yang selalu Anda lakukan selama ini. Mungkin saja, ada kebiasaan yang berefek buruk memperparah jerawat.

Dilansir dari The Pond’s Institute, inilah 8 kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang dan dapat menimbulkan maupun memperparah jerawat.

Baca Juga: 4 Tanda yang Menunjukkan Hubungan Anda dan Pasangan Dipenuhi Manipulasi Emosional

1. Memegang wajah

Tangan Anda mungkin terlihat bersih, namun siapa sangka bahwa tangan mampu membawa jutaan kuman yang akan dengan mudah berpindah ke wajah saat Anda menempelkannya pada wajah.

Kuman tersebut akan mengendap jauh di dalam kulit dan menyumbat pori-pori. Saat pori-pori tersumbat, jerawat akan muncul dan semakin parah jika terus dibiarkan.

2. Membiarkan rambut menempel pada wajah

Sama halnya dengan tangan, rambut juga bisa mengumpulkan kuman, kotoran, dan minyak sepanjang hari.

Saat Anda malas merapikannya dan membiarkannya menempel pada wajah, maka siap-siap saja kondisi jerawat akan semakin memburuk akibat perpindahan kuman, kotoran, dan minyak dari rambut ke wajah.

3. Menempelkan ponsel kotor pada wajah

Jika Anda termasuk orang yang gemar berlama-lama telepon, maka pastikan ponsel Anda dibersihkan dengan rutin.

Sebaliknya, ponsel yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang yang nyaman bagi kuman untuk berkembang. Saat Anda menempelkan ponsel dalam kondisi kotor ke pipi selama berjam-jam, itu akan mendorong kuman yang hinggap di permukaan layar ponsel berpindah ke wajah dan menyebabkan jerawat yang lebih banyak.

4. Membiarkan diri terpapar sinar matahari terlalu lama

Sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat menyebabkan masalah pigmentasi kulit, penuaan dini, hingga kanker kulit. Selain itu, sinar matahari yang panas juga akan membuat kulit berkeringat dan menghasilkan minyak berlebih yang dapat memperburuk jerawat.

5. Tidak menjaga makan

Saat Anda suka makan makanan dengan kandungan minyak, gula, dan susu yang tinggi, itu akan memengaruhi proses pembaruan kulit Anda dan membuat kulit Anda lebih rentan terhadap jerawat.

Sebagai gantinya, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral serta minum air yang cukup untuk membuat kulit Anda berfungsi dengan sehat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pola makan yang sehat juga dapat membantu menenangkan kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang terlalu aktif.

6. Menerapkan gaya hidup penuh tekanan

Saat stres melanda, tubuh Anda akan memproduksi hormon seperti androgen dan corticotropin. Hormon semacam itu dapat merangsang kelenjar sebaceous untuk menghasilkan minyak yang berlebihan. Jika minyak pada wajah Anda berlebihan, itu bisa menyebabkan jerawat datang dengan lebih mudah.

7. Merokok

Kebiasaan merokok akan membuat kulit terpapar partikel berbahaya yang menghambat proses pembaruan sel dan menghentikan proses alami kulit sehingga tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Alhasil, kulit akan rentan mengalami berbagai permasalahan termasuk jerawat dan penuaan dini.

Dikarenakan kebiasaan merokok menyimpan segudang efek negatif bagi tubuh termasuk kulit, jadi hentikanlah sekarang juga sebelum kulit Anda benar-benar rusak.

8. Menggunakan produk yang menguras minyak secara berlebihan

Menggunakan produk dengan formula yang menguras minyak secara berlebihan akan menghilangkan minyak alami wajah yang berguna untuk melindungi fungsi skin barrier.

Apabila seluruh minyak alami wajah terkuras habis, itu akan mengganggu urutan ideal sekresi minyak dan membuat wajah Anda lebih rawan terhadap jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News