HOME, Bugar

Hindari 6 Buah Tinggi Kalori Saat Melakukan Diet

Hindari 6 Buah Tinggi Kalori Saat Melakukan Diet

MOMSMONEY.ID - Para pelaku diet sering kali menjadikan buah sebagai salah satu superfood untuk program penurunan berat badan. Sayangnya, banyak yang tidak sadar bahwa tidak semua buah baik dikonsumsi saat diet rendah kalori.

Beberapa jenis buah justru memiliki kalori yang tinggi sehingga bisa meningkatkan berat badan. Nah, sudah tepatkah pilihan buah Anda untuk mendukung program diet Anda selama ini?

Simak ulasan berbagai jenis buah-buahan yang memiliki kalori tinggi serta buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet berikut ini.

Berikut ini jenis buah tinggi kalori yang sebaiknya Anda batasi konsumsinya. 

Baca Juga: Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Sayang Dilewatkan

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kalori cukup tinggi. Selain memiliki beragam nutrisi, pisang juga sumber karbohidrat dan kalori yang baik. 

Kebutuhan harian vitamin dan mineral bisa berbeda tiap individu. Dalam Permenkes RI No. 2 tahun 2019, angka kecukupan vitamin dan mineral per hari disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan kondisi tertentu seperti kehamilan.

2. Mangga

Mangga termasuk buah yang mengandung kalori tinggi. Tingginya kalori dalam buah yang manis dan segar ini sebagian besar berasal dari karbohidrat di dalamnya. 

Selain itu, mangga diketahui memiliki kandungan vitamin dan mineral lain, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin E, dan tembaga.  

3. Alpukat

Satu lagi buah berkalori tinggi yang sebaiknya Anda hindari atau batasi asupannya ketika diet adalah alpukat. Setengah buah alpukatukuran sedang (100 gram) mengandung kalori sebanyak 161 kalori. 

4. Kelapa

Siapa sangka daging kelapa yang menyegarkan juga termasuk buah yang mengandung kalori tinggi. Daging buah kelapa diketahui memiliki kandungan lemak tinggi dan karbohidrat sedang. 

5. Kurma

Meski berukuran kecil, kurma termasuk buah tinggi kalori. Dalam satu buah kurma (24 gram) mengandung 66,5 kalori. Itu sebabnya, Anda perlu berhati-hati saat makan kurma.

Bentuknya yang kecil terkadang membuat Anda tidak sadar sudah makan terlalu banyak. Akhirnya, asupan kalori yang masuk juga jadi lebih banyak.

 Baca Juga: Risiko yang Mungkin Terjadi Jika Minum Jamu Pelancar Haid Saat Hamil

Namun, beberapa orang kerap terjebak dengan pernyataan ‘buah adalah makanan yang aman dan menyehatkan’, sehingga konsumsinya jadi berlebihan.

Apalagi, bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu, seperti sedang diet rendah kalori atau memiliki diabetes, memperhatikan jenis buah yang dikonsumsi jadi sangat penting.

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek untuk Tumbuh Kembang Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News