Keluarga

Hati-Hati! Simak 7 Kesalahan dalam Menata Kamar Tidur Sempit

Hati-Hati! Simak 7 Kesalahan dalam Menata Kamar Tidur Sempit

MOMSMONEY.ID - Dari tempat penyimpanan yang kurang hingga menggunakan warna aman di kamar tidur, ada beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan dalam menata kamar tidur yang sempit. 

Tempat untuk tidur, bersantai, menyimpan semua harta benda, dan banyak lagi, kamar tidur adalah salah satu ruangan paling serba guna dan paling sulit diatur di rumah. Terutama, jika kamar tidur Anda terhitung sempit. 

Supaya Anda bisa memanfaatkan setiap jengkal di kamar tidur Anda, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan dan ada beberapa upaya yang perlu Anda lakukan supaya tempat tidur Anda memiliki desain yang tepat. 

Mengutip Homes and Gardens, berikut 7 kesalahan yang perlu Anda hindari dalam menata kamar tidur yang sempit: 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Kecil untuk Lebaran, Cocok Jadi Parcel dan Dekorasi Ruangan

1. Memiliki penyimpanan yang tidak memadai

Salah satu unsur desain yang penting untuk kamar tidur yang sempit adalah memiliki penyimpanan yang memadai. Artinya, ruang penyimpanan ini harus cukup untuk baju, sepatu, buku hingga peralatan tidur Anda.

Jika Anda tak memiliki ruang penyimpanan yang memadai, maka kamar tidur Anda akan mudah kacau dan jauh dari rasa nyaman. 

Bila Anda memiliki kamar tidur yang sempit, pertimbangkan memakai furnitur yang bisa digunakan secara ganda alias multifungsi. Misalkan, menggunakan kasur yang memiliki laci penyimpanan di bagian bawah dan menggunakan meja yang memiliki banyak laci. 

2. Memiliki terlalu banyak barang yang dipajang

Salah satu kesalahan yang perlu Anda hindari dalam menata kamar sempit adalah memajang terlalu banyak barang. Tentu saja, kamar tidur kecil tidak boleh terasa kosong dari dekorasi, namun memiliki terlalu banyak barang yang dipajang akan membuat kamar sangat sesak dan berantakan. 

Baca Juga: 8 Warna Cat yang Cocok Dipadukan dengan Warna Peach

3. Tidak berani dengan warna

Kesalahan lain yang perlu Anda hindari dalam menata kamar tidur yang kecil adalah tidak berani bermain dengan warna. Banyak dari kita percaya semakin terang suatu warma dan lebih netral adalah warna yang paling tempat untuk kamar tidur sempit. 

Padahal, kamar tidur yang kecil adalah area yang paling tepat untuk menggunakan warna yang berani. Tujuannya untuk mengalihkan mata dari ukuran ruang yang sempit menjadi fokus pada pemilihan warna dan pola yang menarik. 

4. Mengabaikan potensi ruang vertikal

Seringkali terlalu banyak furnitur yang Anda masukan ke kamar tidur Anda. Mulai dari lemari penyimpanan, lemari pakaian bahkan meja kerja. 

Sebaiknya, saat melakukan perencanaan penataan kamar tidur kecil jangan fokus pada furnitur yang bisa Anda letakan di lantai. Anda bisa menggunakan ruang vertikal pada dinding kamar tidur Anda. 

Coba gunakan lemari penyimpanan di salah satu bagian dinding. Namun, buat lemari memenuhi dinding dari lantai hingga langit-langit. Dengan cara ini, Anda bisa menyimpan seluruh barang di lemari dan menghemat ruang. 

Baca Juga: Simak Aturan Gratis Bagasi Lion Air Untuk 8 Rute dan Destinasi Ini

5. Tidak memiliki banyak sumber pencahayaan

Jangan batasi diri Anda hanya dengan menggunakan satu sumber pencahayaan di kamar tidur. Padahal, lampu langit-langit, lampu meja, lampu dinding dan lampu lantai sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan intim. 

Menggunakan beberapa sumber pencahayaan tak hanya menciptakan suasana yang mengundang tetapi juga membantu membentuk zona di kamar tidur kecil Anda. Ilusi pembuatan zona ini membantu kamar tidur Anda terasa luas. 

6. Kurangnya dekorasi

Kamar tidur yang sempit terkadang membuat pemiliknya malah terbatas memperindah kamarnya. Padahal, dekorasi yang tepat bisa mempercantik kamar tidur Anda yang sempit.

Fokus utama di kamar tidur adalah kasur, sedangkan area di atas kasur menjadi lokasi yang sempurna untuk meletakan lukisan Anda. Untuk dampak yang maksimal, pilih lukisan yang besar di atas kasur Anda. 

Jika Anda bingung memilih warna lukisan, coba pilih beberapa warna aksen yang ada di kamar Anda. Mulai dari furnitu berwarna hitam atau warna dari furnitur lembut yang ada di kamar. 

Baca Juga: Simak Aturan Gratis Bagasi Lion Air Untuk 8 Rute dan Destinasi Ini

7. Memiliki kasur yang terlalu kecil

Biasanya memiliki kamar tidur yang sempit membuat Anda memilih seluruh furnitur menjadi lebih kecil. Padahal ini adalah kesalahan dalam menata kamar tidur Anda. 

Tidak semua benda di dalam kamar tidur sempit harus berukuran kecil. Anda tetap harus memilih kasur yang cukup besar untuk menampung tubuh Anda dan bisa masuk ke kamar tidur sempit. 

Ini 7 kesalahan yang sering dilakukan dalam menata kamar tidur yang sempit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News