Bugar

Hati-Hati! Ini 5 Penyakit yang Rentan Terjadi pada Anak

Hati-Hati! Ini 5 Penyakit yang Rentan Terjadi pada Anak

MOMSMONEY.ID - Banyak sekali penyakit yang rentan terjadi pada anak karena sistem kekebalan tubuh anak belum sekuat orang dewasa. Kondisi ini yang membuatnya rentan mengalami penyakit.

Kebersihan anak juga berpengaruh pada kesehatannya. Jenis penyakit infeksi bisa disebabkan oleh virus dan bakteri yang ada di sekitar anak. 

Dirangkum dari beberapa sumber World Health Organization (WHO) dan Healthline, berikut  ini beberapa penyakit yang rentan terjadi pada anak, antara lain: 

Baca Juga: Cacar Monyet Lebih Rentan Menyerang Anak-Anak, Ini Penjelasannya!

Campak

Penyakit yang rentan terjadi pada anak pertama adalah campak. Campak merupakan jenis penyakit kulit pada anak yang disebabkan virus.

Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit campak dapat mengakibatkan komplikasi serius pada anak-anak, seperti pneumonia. 

Sebagai langkah pencegahan, pastikan anak telah menjalani vaksinasi campak. Pemberian vaksin campak pada anak-anak dapat meminimalkan risiko terkena penyakit ini.  

Radang tenggorokan

Penyakit yang rentan terjadi pada anak kedua adalah radang tenggorokan. Jika anak mengidap radang tenggorokan, ia cenderung sulit menelan, sehingga akan rewel saat hendak makan.

Gejala lainnya adalah tenggorokan terasa kering dan gatal, sakit kepala, badan terasa lelah, dan nyeri otot. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri.

Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, minum banyak air, dan berkumur air garam adalah cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu mengurangi gejala radang tenggorokan pada anak. 

Cacingan

Penyakit yang rentan terjadi pada anak ketiga adalah cacingan. Jika anak Anda sering menggaruk bokongnya, mungkin sedang mengalami cacingan. 

Anak rentan sekali mengalami cacingan karena memang lebih sering bermain di luar ruangan. Belum lagi kesadaran anak untuk menjaga kebersihan masih kurang.  

Hal ini memungkinkan cacing atau telur cacing yang menempel di tanah atau di air bisa masuk ke dalam tubuh anak dan kemudian berkembang biak di usus. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Tanpa Tersedak

Demam

Penyakit yang rentan terjadi pada anak selanjutnya adalah demam. Ini karena seiring pertumbuhannya, demam adalah respon alami tubuh terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh anak. 

Anda bisa mengatasi demam dengan mengompres air hangat, memberikan asupan makanan dan minuman yang banyak, menutupi seluruh tubuhnya, dan memandikannya dengan air hangat. 

Sesuai anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia, Anda baru bisa memberikan obat penurun panas jika suhu tubuhnya sudah mencapai 38 derajat celsius. 

Cacar air

Penyakit yang rentan terjadi pada anak terakhir adalah cacar air. Cacar air merupakan penyakit infeksi pada anak yang disebabkan oleh virus.

Gejala pertama yang muncul biasanya berupa bintik-bintik merah kecil di tubuh anak, diikuti dengan demam dan badan lemas. 

Oleh karena itu, jika anak mengalami cacar air, sebaiknya istirahat di rumah saja agar tidak menularkan ke teman-temannya atau orang sekitarnya. 

Penularan cacar air mungkin tidak langsung terlihat. Biasanya, cacar air akan menular pada anak yang belum pernah terkena penyakit ini. 

Jangan panik bila anak mengalami salah satu dari jenis penyakit di atas. Jika bingung atau ragu, periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News