HOME, Bugar

Hati-hati! Ini 5 Makanan Pemicu Penyakit Jantung, Perlu Diwaspadai

Hati-hati! Ini 5 Makanan Pemicu Penyakit Jantung, Perlu Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Tahukan anda, bahwa gaya hidup dan pola makan tak sehat dapat memperburuk risiko penyakit jantung? Terlebih jika makanan yang dikonsumsi berupa makanan yang mengandung lemak, gula, ataupun garam yang tinggi.

Pentingnya menjaga asupan makanan menjadi hal yang utama, terlebih jika anda adalah seseorang dengan kadar kolesterol yang tinggi. Setidaknya, ini dapat sedikit mencegah anda dari risiko penyakit jantung.

Untuk itu, perlu anda ketahui makanan dan minuman berikut yang dapat memicu penyakit jantung. Dirangkum dari Eat This, Primarasa, Mayo Clinic, dan Future You Cambridge, ini dia selengkapnya!

Baca Juga: Benarkah Dark Chocolate dan Almond Mampu Mengurangi Kadar Kolesterol? Cek Faktanya!

Ice Cream

Ice cream, salah satu pemicu risiko penyakit jantung jika dikonsumsi terlalu banyak

Ice cream yang lezat nyatanya menjadi salah satu makanan yang dapat memicu penyakit jantung, lo!

Ice cream mengandung gula yang sangat tinggi serta milk fat yang didominasi oleh kolesterol buruk.

Orang-orang yang memiliki risiko besar terhadap penyakit jantung diharapkan untuk tidak mengonsumsinya sama sekali untuk menghindarkan penyakit jantung serta stroke yang tak terduga.

Namun jika anda tidak memiliki risiko penyakit jantung, anda masih diperbolehkan untuk mengonsumsinya sesekali saja, asalkan tidak terlalu sering.

Baca Juga: Resep Korean Lunch Box Cake, Cake Kekinian dari Korea yang Dicari Anak-anak Muda

Keju

Keju, salah satu pemicu risiko penyakit jantung

Keju merupakan makanan yang buruk bagi kesehatan tubuh. Keju dapat memicu penyakit jantung karena memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi.

Lemak jenuh biasanya disimpan dengan sangat mudah oleh tubuh di bagian perut. Sayangnya, selain dapat membuat perut buncit, keju juga memicu memicu malapetaka bagi jantung anda.

Maka dari itu, usahakan untuk meminimalisir konsumsi keju agar jantung anda tetap sehat.

Baca Juga: Latihan Mencium Menggunakan Daun Mint untuk Kembalikan Indra Penciuman bagi Anosmia

Soda

Soda dapat memicu penyakit jantung. Ini disebabkan soda mengandung gula yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan lonjakan insulin yang drastis.

Lonjakan insulin ini diproses oleh tubuh dan perlahan tapi pasti, kandungan gula pada soda mampu menyebabkan peradangan yang dapat memicu penyakit jantung.

Baca Juga: Resep Cheese Tteokbokki, Jajanan Korea yang Bisa Dibikin Sendiri di Rumah

Keripik kentang

Keripik kentang jelas mengandung kalori, lemak, dan natrium yang sangat tinggi. Namun terkadang, sangat sulit untuk berhenti mengonsumsi makanan lezat ini disebabkan rasanya yang begitu enak dan bikin ketagihan.

Keripik kentang dapat memacu penyakit pada jantung karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Padahal, normalnya tubuh hanya membutuhkan 2.300 miligram garam setiap harinya.

Baca Juga: Benarkah Lobak Putih Mampu Atasi Tekanan Darah? Cek Faktanya

Pengonsumsian garam lebih dari itu dapat memicu tekanan darah tinggi dan risiko serius penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi keripik kentang, anda bisa memenuhi hampir sebagian besar kebutuhan garam pada tubuh. Celakanya, kebutuhan garam bisa dicukupi hanya mengonsumsi sebungkus keripik kentang.

Bayangkan jika anda mengonsumsi makanan lainnya, sudah dapat dipastikan kebutuhan garam pada tubuh akan berlebih dan dapat memicu penyakit jantung.

Baca Juga: Promo Hokben 12–15 Agustus 2021, Harga Super Bowl Merdeka Hanya Rp 30.000-an

Margarin

Margarin terbuat dari minyak terhidrogenisasi sebagian yang mengandung lemak trans.

Lemak trans itu sendiri menurut Dinas Kesehatan Kulon Progo merupakan lemak yang termasuk golongan lemak tak jenuh yang nyatanya lebih berbahaya daripada lemak jenuh.

Lemak trans dianggap sebagai lemak yang paling berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia karena dapat menaikan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

Inilah yang menyebabkan margarin sebagai salah satu makanan paling dihindari jika anda memiliki risiko penyakit jantung. Karena margarin dapat menyumbat pembuluh darah oleh sebab kandungan lemak transnya yang tinggi.

Baca Juga: Promo KFC Agustus 2021, Diskon 50% Winger Bucket Isi 14 Ayam di bawah Rp 50.000-an!

Makanan beku

Ilustrasi Makanan Beku

Makanan beku ataupun makanan siap saji adalah salah satu makanan yang dapat memicu penyakit jantung.

Makanan beku mengandung lemak, gula, garam, dan kalori yang sangat tinggi. Dalam seporsi makanan beku, kebutuhan tubuh akan garam telah lebih dari cukup untuk dikonsumsi tubuh.

Akibatnya, tubuh anda mulai melebar dan dapat mengancam kesehatan jantung karena penumpukan lemak pada arteri.

Selanjutnya: Promo Pizza Hut Agustus 2021, Pizza Merah Putih Spesial Agustus Cuma Rp 109 Ribu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News