Keluarga

Hati-Hati! Ini 5 Bahan yang Tak Boleh Anda Panaskan di Microwave

Hati-Hati! Ini 5 Bahan yang Tak Boleh Anda Panaskan di Microwave

MOMSMONEY.ID - Microwave adalah salah satu alat dapur yang sangat mudah digunakan dan sangat membantu di hari sibuk. Tapi hati-hati, ada beberapa bahan yang tak boleh Anda panaskan di microwave. 

Alasan beberapa bahan yang tak boleh Anda panaskan di microwave cukup beragam. Mulai dari supaya microwave Anda tahan lama hingga ada bahan berbahaya yang membuat Anda berisiko terpapar kanker. 

Baca Juga: Ini lo Warna yang Bisa Bikin Anda Relax dan Baik buat Kesehatan Mental di Rumah

Bahan yang tak boleh Anda panaskan di microwave

1. Styrofoam

Styrofoam adalah bahan yang kerap kali masih dipanaskan di microwave. Padahal, styrofoam termasuk bahan yang tak boleh Anda panaskan di microwave.

Styrofoam merupakan bahan pembungkus makanan yang sering Anda temukan pada kemasan mi instan cup. Meski sudah ada label tidak boleh di microwave, sering kali banyak yang mengabaikannya. 

Alasan styrofoam tak boleh dipanaskan di microwave bukan karena bisa menyebabkan kebakaran. Melainkan bahan ini mudah retak dan rusak jika dipanaskan kembali. Sehingga, makanan dan minuman Anda akan mudah bocor dan menyebabkan luka bakar. 

Tak hanya itu, styrofoam memiliki molekul karsinogen dan benzena yang jika dipanaskan bisa tercampur ke dalam makanan. Zat tersebut dapat menyebabkan kanker pada tubuh Anda. 

2. Logam

Bahan yang tak boleh Anda panaskan di microwave selanjutnya adalah barang-barang yang mengandung logam termasuk aluminium foil.

Sebab, bahan ini memantulkan gelombang elektromagnetik dan dapat menimbulkan percikan api yang bisa merusak microwave dan menyebabkan kebakaran.

Oleh karena itu, Anda juga tak boleh memasukkan gelas yang terbuat dari logam, serta sendok atau garpu logam. 

Baca Juga: Resep Spinach Frittata, Hidangan Telur Ala Italia yang Super Praktis bagi Orang Sibuk

3. Beberapa bahan makanan 

Bahan makanan yang tak boleh Anda panaskan di microwave antara lain:

  • Telur
  • Roti
  • Paprika pedas
  • Saus pasta yang tidak tertutup
  • Sayuran kering
  • Air

Anda sebaiknya tidak memasak telur di microwave karena akan menciptakan tekanan di dalam dan bisa meledak. Jika ingin memanaskannya di microwave, ada baiknya gunakan panci yang sudah diberi air dingin. 

Jangan panaskan juga roti di microwave sebab bahan pati yang ada pada roti bisa lembek. Bahan lain seperti paprika juga bisa meledak di microwave, sedangkan saus pasta yang tertutup bisa saja lengket.

Bahan sayur lainnya juga bisa jadi mudah kering bahkan gosong dan merusak microwave Anda. 

4. Bahan karton atau bungkus makanan berwarna cokelat

Anda juga dilarang memanaskan kedua bahan ini di microwave jika tak memiliki label aman untuk alat itu. Soalnya, kedua bahan ini bisa saja menganding lem, lilin, dan bahan lainnya yang bisa beracun. 

Baca Juga: Promo Kredit BNI di Traveloka, Diskon Xperience hingga Rp 450.000 Setiap Jumat

5. Wadah plastik

Bahan terakhir yang tak boleh Anda panaskan di microwave adalah wadah plastik. Sifat plastik mudah meleleh jika Anda panaskan di microwave. Ini bisa melarukan bahan kimia dan xenoestrogen ke dalam makanan Anda. 

Supaya lebih aman, memanaskan sisa makanan bisa menggunakan kaca, keramik, atau bahan lain yang aman dipanaskan dengan microwave. Demikian informasi mengenai bahan-bahan yang tidak boleh Anda panaskan di microwave. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News