Bugar

Harus Tahu! Inilah 6 Jenis Face Serum untuk Kulit Wajah

Harus Tahu! Inilah 6 Jenis Face Serum untuk Kulit Wajah

MOMSMONEY.ID - Anda harus tahu beberapa jenis-jenis face serum untuk kulit wajah. Face serum termasuk basic skincare yang bisa digunakan rutin setiap hari. 

Semakin banyak jenis-jenis serum wajah bisa Anda pakai sesuai dengan kebutuhan kulit. Contohnya, jika memiliki kulit kusam maka Anda harus memilih serum wajah brightening. 

Untuk lebih memahami, berikut jenis-jenis face serum untuk kulit wajah dilansir dari jovee.id, yaitu: 

Baca Juga: 6 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan yang Harus Anda Tahu

1. Anti Acne

Jenis pertama face serum adalah anti acne. Serum ini akan membantu membasmi bakteri jerawat dari dalam, sekaligus membantu menyamarkan bekas jerawat dengan membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati. Glycolic acid, AHA, BHA, dan tea tree oil merupakan sejumlah bahan yang sering digunakan dalam serum jenis ini.

2. Anti Aging

Jenis face serum selanjutnya adalah anti aging. Serum ini berfokus untuk membantu menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Jenis serum wajah untuk kulit yang satu ini berfokus pada peningkatan produksi sel baru, serta meningkatkan pembentukan kolagen.

Retinol, vitamin C, peptide, dan AHA adalah sejumlah bahan yang paling sering digunakan dalam serum anti aging. 

3. Skin Brightening

Punya masalah dengan kulit kusam? Skin brightening serum harus digunakan dimana bisa membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit merupakan salah satu manfaat serum wajah untuk kulit yang banyak disukai wanita.

Serum jenis ini bekerja dengan meratakan warna kulit, membantu menyamarkan hiperpigmentasi, hingga mengurangi efek paparan sinar UV (sunspot). Vitamin C dan niacinamide adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam serum jenis ini.

Baca Juga: Promo Traveloka 2-31 Mei 2023, Gunakan Diskon Tiket Kereta Api Hingga Rp 75.000

4. Hydrating

Jika memiliki kulit kering, maka Anda membutuhkan skincare yang mampu melembabkan kulit. Selain moisturizer, serum wajah jenis hydrating berfungsi untuk menambah sekaligus menjaga kelembapan kulit, yang bekerja sebagai booster saat digunakan bersama moisturizer.

Hyaluronic acid, glycerin, ceramide, dan aloe vera adalah sejumlah bahan yang sering digunakan dalam serum jenis ini.

5. Exfoliating

Jenis face serum berikutnya adalah exfoliating. Serum eksfoliasi memiliki tempat khusus dalam rangkaian skincare, karena serum pencerah saja tidak cukup untuk membantu membersihkan seluruh sel kulit mati yang menumpuk.

Lactic acid, AHA dan BHA merupakan salah satu kandungan eksfoliasi yang umum digunakan dalam serum jenis exfoliating.

6. Skin Repair

Jenis face serum untuk kulit wajah lainnya adalah skin repair. Saat kulit sering iritasi, mudah berjerawat, dan kering, bisa jadi pertanda lapisan pertahanan kulit Anda rusak.

Gunakan serum wajah untuk kulit jenis skin repair dapat membantu memperbaiki skin barrier kulit Anda sehingga perlahan masalah-masalah kulit akan membaik.

Ceramide, retinol, dan kandungan antioksidan lainnya merupakan bahan yang umum ditemukan dalam serum jenis skin repair. 

Itulah jenis-jenis face serum untuk kulit wajah yang harus Anda tahu. Gunakan serum wajah sesuai kebutuhan kulit Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News