Bugar

6 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan yang Harus Anda Tahu

6 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Jangan segera dibuang, Anda perlu tahu beberapa manfaat ampas teh untuk kecantikan. Seringnya Anda akan segera membuang ampas teh setelah menggunakannya. Ternyata teh mengandung vitamin C, vitamin E, anti inflamasi, anti bakteri yang baik untuk kecantikan kulit.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memanfaatkan ampas teh sebagai bahan alami perawatan wajah. Melansir dari evamuliaclinic.com, berikut enam manfaat ampas teh untuk kecantikan, yaitu: 

Baca Juga: Harus Tahu! Inilah 3 Hal yang Akan Terjadi Pada Kulit di Malam Hari

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat pertama ampas teh untuk wajah adalah mencerahkan kulit. Teh mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Meski teh sudah menjadi tengik, kandungan vitamin E tetap ada di dalam teh sehingga teh bisa mencerahkan kulit wajah dan menjaga elastisitas kulit.

Faktanya ampas teh mengandung 508 kali lebih banyak vitamin C dibandingkan lemon. Caranya tidak sulit yaitu gunakan ampas teh yang sudah didiamkan semalaman.

Oleskan ampas teh sebagai scrub atau sebagai masker pada wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap hari. 

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat ampas teh untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi masalah jerawat. Air endapan ampas teh memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antiseptik yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah peradangan jerawat.

Selain itu, ampas teh juga dapat mengurangi jumlah sebum yang mengganggu pori-pori, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga: Promo PegiPegi 1-31 Mei 2023, Dapatkan Harga Hotel Mulai Rp 50.000-an

3. Menghilangkan Mata Panda

Selain melembabkan kulit dan mengatasi jerawat, ampas teh juga bisa menghilangkan mata panda. Memiliki mata panda bisa mengurangi penampilan Anda sehari-hari.

Mata panda disebabkan oleh kurangnya durasi tidur, kelelahan, menangis berlebihan, alergi, dehidrasi, dan masih banyak lagi.

Mungkin mata panda dapat disamarkan dengan penggunaan kosmetik, seperti krim mata, alas bedak, atau bedak.

Namun, lebih baiknya jika Anda bisa menyingkirkan mata panda tersebut. Menggunakan ampas teh mungkin bisa menjadi solusi untuk menghilangkan mata panda. 

4. Membersihkan dan Menyejukkan Kulit

Manfaat ampas teh untuk wajah berikutnya adalah dapat membersihkan dan menyejukkan kulit. Teh mengandung sifat anti bakeri yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah.

Gunakan air ampas teh untuk mencuci muka setiap hari di pagi hari atau sebelum tidur di malam hari. Jika Anda melakukan ini secara teratur, wajah akan selalu bersih.

Selanjutnya, ampas teh juga mengandung anti inflamasi yang berfungsi untuk menyegarkan wajah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan air ampas teh untuk wajah dengan cara mengompresnya.

Gunakan kain atau kapas dan rendam dalam air teh tengik yang dibiarkan semalaman. Kemudian, oleskan pada wajah sebagai penyejuk untuk kulit wajah.

Baca Juga: Promo Traveloka 2-31 Mei 2023, Gunakan Diskon Tiket Kereta Api Hingga Rp 75.000

5. Menenangkan kulit

Ampas teh juga bisa menenangkan kulit akibat sengatan sinar matahari. Gunakan ampas teh yang telah didinginkan di kulkas untuk bantu menenangkan kulit.

Ampas teh mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang membantu melawan stres oksidatif, yang menjadikannya bahan yang baik untuk meredakan kulit yang meradang.

6. Gunakan sebagai scrub

Manfaat ampas teh lainnya adalah bisa digunakan sebagai scrub. Keringkan ampas teh dan scrub alami ini siap digunakan kapan saja.

Berkat kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya, kulit Anda akan terasa lebih lembut dan halus. Selain itu, teh juga memiliki manfaat untuk meningkatkan pembentukkan kolagen pada kulit wajah.

Itulah beberapa manfaat ampas teh untuk kecantikan yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News