Bugar

Harus Coba! 4 Cara Merawat Rambut Berminyak dan Rontok pada Pria

Harus Coba! 4 Cara Merawat Rambut Berminyak dan Rontok pada Pria

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya wanita, inilah cara merawat rambut berminyak dan rontok pada pria. Mengalami rambut berminyak dan rontok bisa menjadi masalah yang cukup serius karena bisa mengganggu aktivitas Anda.

Rambut berminyak dan rontok masih bisa diatasi dengan melakukan perawatan mandiri di rumah. Anda perlu menggunakan produk perawatan rambut khusus pria dan lakukan pola hidup sehat.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan perawatan rambut pria dan wanita, hanya saja pria tidak terlalu peduli mengenai perawatan rambut.

Lebih jelasnya, berikut lima cara merawat rambut berminyak dan rontok pada pria dilansir dari garnier.co.id, yaitu:

Baca Juga: Inilah 5 Cara Menghilangkan Bau Apek di Rambut dengan Bahan Alami

1. Keramas yang nenar

Cara pertama merawat rambut berminyak dan rontok pada pria adalah lakukan keramas dengan benar. Sebaiknya, frekuensi Anda keramas 1-2 hari sekali untuk membersihkan kulit kepala Anda dari kotoran dan minyak berlebih.

Hindari keramas menggunakan air panas dan hangat karena malah akan memicu kulit kepala jadi tambah berminyak dan rambut semakin rontok.

Jika biasanya saat keramas Anda menggaruk kulit kepala menggunakan kuku, saatnya Anda berhenti melakukan kebiasaan itu karena bisa memicu rambut bertambah rontok. Cukup gosok kulit kepala dengan lembut menggunakan ujung-ujung jari.

2. Plih sampo yang tepat

Cara merawat rambut berminyak dan rontok selanjutnya adalah pilih sampo yang tepat. Hindari menggunakan produk sampo yang asal-asalan, Anda harus menggunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Gunakan sampo untuk perawatan rambut pria yang akan membersihkan dan merawat kulit kepala sehingga dua masalah ini akan langsung teratasi dalam sekali keramas.

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Minyak Kemiri buat Rambut, Bisa Bikin Rambut Tebal

3. Gunakan hair tonic

Berikutnya, cara merawat rambut berminyak dan rontok pada pria yaitu gunakan produk hair tonic. Setelah selesai keramas, aplikasikan hair tonic ke rambut Anda sehingga bisa menutrisi kulit kepala dan merawat kekuatan rambut.

4. Lakukan pola makan sehat

Cara merawat rambut berminyak dan rontok pada pria lainnya adalah lakukan pola makan sehat. Pola makan sehat berfungsi untuk membantu menstabilkan hormon sehingga terhindar dari masalah kulit kepala berminyak dan rambut rontok.

Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang tinggi protein (ikan, daging sapi, telur, daging unggas, dan kacang-kacangan), zat besi (hati, daging sapi, daging ayam, bayam, brokoli), vitamin C (jambu biji, pepaya, jeruk, brokoli, kembang kol), dan omega-3 (ikan berlemak, alpukat, walnut, dan biji-bijian).

Selain itu, jangan lupa minum air putih yang cukup setiap harinya sebanyak dua liter.

Tidak sulit, kan? Itulah beberapa cara merawat rambut berminyak dan rontok pada pria yang menarik Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News