Bugar

Inilah 5 Cara Menghilangkan Bau Apek di Rambut dengan Bahan Alami

Inilah 5 Cara Menghilangkan Bau Apek di Rambut dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Bikin tidak nyaman, Anda perlu mencoba cara menghilangkan bau apek di rambut dengan bahan alami. Rambut bau apek biasanya disebabkan oleh keringat, paparan sinar matahari, perubahan hormon hingga infeksi jamur di rambut. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara membuat rambut menjadi wangi. Melansir dari herworld.co.id, berikut lima cara menghilangkan bau apek di rambut dengan bahan alami : 

1. Lidah Buaya

Cara pertama menghilangkan bau apek di rambut dengan masker lidah buaya. Lidah buaya terbukti memiliki sifat antiseptik dan anti inflamasi yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah rambut, yang mungkin jadi penyebab bau apek di rambut.

Kedua sifat itu akan membuat kulit kepala lebih bersih dan sehat, sehingga rambut bebas dari bau apek.

Anda bisa buat sendiri masker lidah buaya dengan mengambil sebagian gel lidah buaya, lalu aplikasikan ke kulit kepala dan rambut secara merata.

Pijat-pijat lembut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Gunakan masker lidah buaya ini dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Promo Kartu Kredit Digibank, Diskon Hotel & Tiket Pesawat PegiPegi Rp 130.000

2. Lemon

Cara menghilangkan bau apek di rambut selanjutnya adalah lemon. Lemon memiliki sifat antimikroba yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab bau apek di rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, potong buah lemon menjadi dua bagian, lalu peras untuk mengeluarkan airnya. Setelah itu, oleskan air perasan lemon pada kulit kepala dan tiap-tiap helai rambut secara merata.

Lakukan pijatan lembut di kulit kepala yang bertujuan agar air perasan lemon dapat meresap lebih dalam dan bekerja secara maksimal. Diamkan selama beberapa menit. 

Barulah bilas rambut dan kulit kepala menggunakan air hingga bersih. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan air perasan lemon, karena sifat asamnya bisa membuat kulit kepala lebih sensitif.

Kemudian pastikan, tidak ada luka terbuka di kulit kepala, karena bisa menimbulkan rasa perih dan memperparah luka.

3. Essential Oil

Essential oil juga bisa menghilangkan bau apek di rambut dengan bahan alami. Minyak yang bersifat anti mikroba ini dinilai cukup efektif untuk menghilangkan bakteri penyebab bau tidak sedap di rambut dan kulit kepala. Bahkan, essential oil juga dipercaya mampu membantu mengurangi masalah ketombe. 

Anda bisa mengoleskan essential oil secara merata sambil dipijat-pijat lembut sebelum keramas, atau campur sedikit essential oil dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Setelah itu, bilas rambut dengan air hingga bersih. Essential oil akan membantu membersihkan kulit kepala dan helai rambut dari kotoran-kotoran yang menempel, yang bisa menyebabkan bau apek di rambut. 

Baca Juga: 5 Manfaat Glycerin untuk Wajah Pada Produk Skincare

4. Kulit Jeruk

Kulit jeruk efektif bisa menghilangkan bau apek di rambut. Kulit jeruk mengandung vitamin C yang bersifat asam dalam kulit jeruk juga bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab bau apek di rambut. 

Anda cukup mengiris-iris kulit jeruk, dan tumbuh hingga halus. Kemudian, peras menggunakan kain bersih untuk memisahkan airnya dengan serat atau sari-sari kulit jeruk.

Barulah, oleskan air perasan kulit jeruk ke kulit kepala secara merata, lalu pijat-pijat dengan lembut. Bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Terakhir, bilas rambut dengan air hingga bersih.

5. Tomat

Cara menghilangkan bau apek di rambut lainnya adalah tomat. Kandungan pH yang cukup tinggi dalam tomat diyakini efektif untuk menghilangkan bau apek di rambut.

Caranya cukup mudah, potong tomat menjadi beberapa bagian. Lalu, peras untuk memisahkan air dan sari-sarinya. Kemudian, oleskan sari-sari tomat itu ke kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat lembut.

Sementara air tomatnya bisa Anda oleskan di tiap-tiap bagian helai rambut dari akar hingga ke ujungnya. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau apek di rambut dengan bahan alami. Anda bisa mencoba perawatan ini di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News