HOME, Keluarga

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Kandang untuk Hamster

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Kandang untuk Hamster

MOMSMONEY.ID - Dalam memelihara hamster, sangat perlu untuk memperhatikan tempat tinggalnya. Anda tentu tak ingin hamster Anda stres karena lingkungan tempat tinggalnya tidak nyaman dan aman. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari beberapa hal dalam menentukan kandang untuk hamster peliharaan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kandang hamster. Mulai dari ukuran, bahan, hingga fasilitas pendukungnya. Untuk membantu Anda, dilansir dari Petkeen.com, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kandang untuk hamster.

Baca Juga: Bolehkah Mencukur Bulu Hewan Peliharaan?

Bahan

Ada berbagai pilihan bahan untuk kandang hamster. Mulai dari kawat, akrilik, kaca, plastik, dah bahkan kombinasi. Biasanya bagian atas kandang berbentuk jeruji dari bahan kawat dan bagian bawahnya terbuat dari plastik. Akan tetapi, ada kekhawatiran bila hamster diberikan kandang dari kawat karena mereka akan menggigiti jeruji. Ini menyebabkan kerusakan pada giginya dan mungkin akan keracunan jika ada partikel cat yang tertelan.

Pilihan kandang yang aman adalah berbahan plastik penuh atau kaca. Kandang dari bahan plastik biasanya sudah dilengkapi dengan tempat minum dan kincir. Cocok untuk Anda yang pertama kali memelihara hamster. Namun, hati-hati untuk desain yang rumit karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan hamster. Perhatikan juga ventilasinya.

Bahan kaca atau akrilik (vivarium) juga lebih aman karena setiap sisinya tertutup, serta tak banyak desain. Namun, jangan tutup bagian permukaan dengan penutup yang tebal karena bisa-bisa hamster tak mendapat oksigen. Anda bisa meletakkan penutup dari jaring-jaring dengan sirkulasi udara yang baik sebagai penutup.

Ukuran

Hamster memang berukuran kecil, tetapi mereka memiliki tingkat keaktifan yang cukup tinggi. Oleh karena itu menyediakan kandang sesuai ukuran mereka saja tak cukup, tetapi juga harus memperhitungkan aktivitas fisiknya.

Untuk hamster berukuran besar seperti hamster Syrian ukuran kandang minimalnya adalah 60 x 45 cm. Sementara untuk hamster berukuran kecil, ukuran kandang minimumnya adalah 45 x 30 cm. Tinggi keduanya boleh disesuaikan dengan fasilitas yang ingin Anda isi atau pasti telah disesukaikan dengan ukuran-ukuran tersebut.

Baca Juga: Agar Tak Cepat Mati, Begini Cara Merawat Hamster

Lokasi

Lokasi meletakkan kandang hamster juga penting untuk diperhatikan. Lokasi ini harus memiliki paparan sinar matahari alami, siklus siang dan malam yang terlihat, pergerakan udara yang baik, dan suhunya normal.

Idealnya, kandang harus diletakkan di atas meja atau di atas lantai (tentunya harus aman dari hewan lain yang lebih besar), dekat jendela, serta berada di dalam ruangan. Kendati demikian, Anda tak boleh meletakkan kandang di bawah matahari langsung karena dapat membuat hamster kepanasan dengan cepat.

Alas

Alas untuk kandang hamster juga perlu diperhatikan. Fungsinya adalah untuk menyerap urin hamster dan menciptakan rasa nyaman untuk mereka beraktivitas. Sediakan alas dengan tebal minimal 5 cm dari dasar kandang. Pilihlah bahan yang terbaik dan aman untuk hamster misalnya serat selulosa, serutan aspen, atau pasir kertas.

Jauhi menggunakan alas berbahan dasar serutan kayu cedar dan pinus karena dapat berbahaya untuk hamster. Ini berpotensi menyebabkan iritasi mata, iritasi kulit, dan iritasi pernapasan. Tidak terlalu banyak menaruh alas yang wangi juga disarankan karena aroma yang terlalu wangi dapat membingungkan hamster.

Fasilitas Tambahan

Kandang mereka harus memungkinkan mereka untuk menunjukkan kebiasaan alami mereka. Oleh karena itu, Anda perlu memasukkan barang-barang yang akan mendorong perilaku mereka. Misalnya, menyebarkan makanan mereka di sekitar kandang akan mendorong mereka mencari makan.

Selain itu, menyediakan terowongan dan roda berputar akan mendorong mereka untuk tetap berolahraga dan terhibur. Hamster juga senang memiliki “rumah di dalam rumah” untuk tempat tidur dan sebagai ruang pribadinya. Apalagi jika Anda memelihara lebih dari satu hamster dalam satu kandang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News