HOME, Keluarga

Hadirkan Suasana Meriah, Ini Tips Dekorasi Rumah untuk Menyambut Imlek

Hadirkan Suasana Meriah, Ini Tips Dekorasi Rumah untuk Menyambut Imlek

MOMSMONEY.ID - Sudahkah Anda menyiapkan diri untuk menyambut perayaan Imlek yang ada di depan mata?

Biasanya, salah satu persiapan yang dilakukan untuk menyambut hari raya seperti Imlek adalah dengan mendekorasi rumah supaya terlihat festive atau meriah.

Tak hanya untuk mempercantik rumah, mendekorasi rumah saat Imlek juga bertujuan untuk mengundang energi positif ke dalam rumah, sehingga diharapkan keberuntungan akan menyertai penghuni rumah di tahun yang baru.

Baca Juga: Dipercaya Bawa Hoki, Ini 7 Dekorasi yang Wajib Ada Saat Imlek

Nah, supaya rumah Anda tampil menawan saat Imlek, yuk simak tipsnya di bawah ini!

Lebih sedikit, lebih baik

Mendekorasi rumah untuk perayaan hari besar memang menyenangkan, tapi Anda perlu berhati-hati supaya dekorasi rumah tidak terlihat berlebihan. Sebab, dekorasi yang berlebihan bisa membuat rumah Anda tidak enak dipandang.

Solusinya, Anda bisa menggunakan prinsip less is more atau lebih sedikit, lebih baik. Dilansir dari Home and Decor Singapore, jangan sampai dekorasi yang Anda gunakan mendominasi interior rumah. Gunakan pernak-pernik dalam jumlah yang cukup untuk membantu menghidupkan rumah Anda.

Manfaatkan satu dekorasi mencolok

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, Anda cukup menggunakan satu dekorasi yang mencolok dan menarik perhatian dibandingkan menggunakan dekorasi Imlek di seluruh rumah.

Misalnya, cukup gunakan dekorasi berupa bunga atau lampion di beberapa tempat. Dengan cara ini, Anda akan menciptakan centerpiece yang langsung menarik perhatian dan memberikan suasana Imlek tanpa terasa berlebihan.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru Imlek

Pastikan dekorasi sesuai dengan tema rumah

Salah satu hal yang sering terlupakan saat mendekorasi rumah adalah menyesuaikan dekorasi tersebut dengan gaya atau tema interior rumah.

Jadi, jika rumah Anda mengusung tema minimalis, pastikan Anda menggunakan dekorasi yang bersifat simpel atau sederhana. Pastikan dekorasi Imlek di rumah Anda terlihat serasi dan harmonis dengan keseluruhan tampilan rumah.

Baca Juga: Ingin Hoki Bertambah? Yuk Gunakan 4 Warna Bawa Keberuntungan Saat Imlek Ini

Beri sentuhan bunga dan tanaman

Melansir China Highlights, bunga mekar merupakan salah satu dekorasi khas Imlek yang melambangkan harapan akan tahun baru yang penuh keberuntungan. Jadi, Anda bisa menggunakan bunga-bunga mekar dengan warna cerah pada interior rumah untuk memberi sentuhan Imlek.

Ada beragam jenis bunga yang identik dengan perayaan Imlek, misalnya bunga anggrek, peony, dan persik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tanaman lainnya, misalnya pohon jeruk mini atau bambu.

Tambahkan aksen warna merah

Perayaan Imlek rasanya kurang lengkap jika tidak menyertakan dekorasi berwarna merah. Dikutip dari Oh My Home, warna yang satu ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan di dalam rumah.

Hampir semua dekorasi khas Imlek menggunakan warna merah, sehingga menambahkan warna ini pada dekorasi rumah seharusnya tidak sulit. Namun, jika Anda menginginkan interior rumah yang terlihat lebih modern saat Imlek, coba pertimbangkan untuk menggunakan sarung bantal, taplak meja, atau tirai jendela berwarna merah supaya suasana hari raya masih terasa.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendekorasi rumah untuk Imlek. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News