HOME, Keluarga

Hadirkan Energi Segar dan Positif, Ini Tips Menata Kamar Mandi ala Feng Shui

Hadirkan Energi Segar dan Positif, Ini Tips Menata Kamar Mandi ala Feng Shui

MOMSMONEY.ID - Kamar mandi merupakan area yang digunakan untuk membersihkan diri, sehingga penataan kamar mandi yang nyaman sangat penting.

Untuk memberikan kesan nyaman, perlu ada energi positif yang hadir di kamar mandi. Anda pun bisa menggunakan panduan feng shui untuk menciptakan energi positif tersebut.

Nah, kira-kira seperti apa cara menata kamar mandi yang tepat menurut feng shui supaya energi positif tersebut hadir dengan maksimal? Berikut tipsnya.

Baca Juga: Dipercaya Bawa Hoki, Ini 7 Dekorasi yang Wajib Ada Saat Imlek

Perhatikan lokasi kamar mandi

Jika Anda berencana untuk membangun kamar mandi baru atau merenovasi kamar mandi lama, cobalah untuk mempertimbangkan lokasi kamar mandi supaya sesuai dengan feng shui.

Dilansir dari Homedit, penempatan kamar mandi yang sesuai dengan feng shui akan memaksimalkan suasana rileks dan nyaman. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan soal lokasi kamar mandi:

  • Hindari menempatkan kamar mandi di dekat pintu depan rumah atau dapur.
  • Hindari menempatkan kamar mandi di tengah rumah.
  • Pastikan kamar mandi mudah diakses, tapi tertutup.

Bersihkan kamar mandi secara rutin

Hal yang satu ini memang terdengar sepele, tapi pengaruhnya terhadap feng shui kamar mandi cukup signifikan.

Supaya energi positif di dalam kamar mandi tetap terjaga, pastikan kamar mandi dibersihkan secara rutin dan menyeluruh. Dikutip dari The Spruce, usahakan untuk menggunakan produk-produk kebersihan yang aman digunakan, sehingga tidak membahayakan kesehatan Anda.

Gunakan warna-warna yang menenangkan

Selanjutnya, pemilihan warna kamar mandi juga turut mempengaruhi energi positif di kamar mandi.

Menurut feng shui, warna-warna yang cocok digunakan di kamar mandi adalah warna-warna kalem dan menenangkan seperti biru, hijau, dan putih. Pasalnya, warna ini melambangkan kehidupan dan ketenangan yang cocok dengan prinsip feng shui.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Keluarga ala Feng Shui yang Hadirkan Aura Positif

Pastikan sirkulasi udara dan pencahayaan optimal

Interior rumah yang memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik merupakan kunci untuk menghadirkan energi positif yang sesuai dengan feng shui.

Dilansir dari Greatist, pastikan kamar mandi Anda memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang optimal. Selain meningkatkan suasana hati, kedua hal tersebut bisa membantu menjaga kamar mandi tetap sehat dan nyaman digunakan.

Baca Juga: Mendatangkan Hoki, Ini Tips Dekor Rumah di Tahun 2022 ala Feng Shui

Turunkan penutup kloset

Dalam feng shui kamar mandi, Anda perlu memperhatikan kloset. Sebab, kloset dianggap sebagai hal buruk di kamar mandi, karena melambangkan energi positif yang tersiram keluar ruangan.

Jadi, untuk menghindari energi positif yang terbuang sia-sia, turunkan penutup kloset sehingga lubangnya tertutup dengan sempurna.

Tambahkan tanaman

Terakhir, Anda dapat menambahkan tanaman hias untuk membantu memaksimalkan aliran energi di dalam kamar mandi.

Selain membuat kamar mandi terasa hidup, tanaman juga melambangkan penggunaan elemen kayu yang mengimbangi elemen air di kamar mandi. Tak hanya itu, beberapa tanaman tertentu juga dapat membantu memurnikan udara di dalam kamar mandi, sehingga akan memberikan kesan yang segar.

Itulah beberapa tips dalam menata kamar mandi ala feng shui yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News