Bugar

Gusi Sering Bengkak? Inilah Cara Efektif Mengatasinya

Gusi Sering Bengkak? Inilah Cara Efektif Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Gusi bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang umum terjadi dan banyak yang juga mengabaikannya.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti menyikat gigi terlalu keras, penumpukan plak, kekurangan vitamin B dan vitamin C, atau infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Gusi rentan mengalami pembengkakan yang dapat menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Bila dibiarkan tanpa penanganan, gusi yang bengkak bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi.

Baca Juga: Hati-Hati, Inilah Beberapa Bahaya Daging Olahan yang Perlu Anda Ketahui

Kabar baiknya, menurut National Health Service UK, gusi bengkak dapat diatasi dengan beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba di rumah.

Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengobati gusi bengkak. Anda bisa membuat larutan garam dengan mencampur setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Anda dapat berkumur dengan larutan tersebut selama 30 detik, sebanyak 3 kali sehari. Namun, jangan terlalu sering berkumur dengan larutan garam karena dapat menyebabkan gigi mudah terkikis.

Berkumur air rebusan daun jambu biji

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang baik untuk mengatasi gusi bengkak.

Anda bisa menumbuk 5–6 lembar daun jambu biji muda, kemudian masukkan ke dalam air panas dan masak dengan api kecil selama 15 menit.

Setelah dingin, tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan jambu biji dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Ulangi proses ini sebanyak 2–3 kali sehari.

Baca Juga: Vagina Menjadi Sehat dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Berkumur dengan air lemon

Pengobatan gusi bengkak alami lainnya dapat menggunakan lemon. Buah ini mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut.

Caranya mudah, Anda cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, Anda bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. 

Itulah beberapa cara yang efektif untuk mengatasi gusi bengkak secara alami. Jika Anda mengalami masalah ini, ada baiknya untuk segera mendapatkan pengobatan agar tidak terjadi komplikasi.

Jika pembengkakan pada gusi terus berlanjut, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke ahli medis guna menghindari terjadinya gingivitis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News