HOME, InvesYuk

GoTo Siap Melangkah di Bursa Saham, Catat Detilnya

GoTo Siap Melangkah di Bursa Saham, Catat Detilnya

MOMSMONEY.ID - Persiapan perusahaan teknologi antara Gojek dan Tokopedia melantai di bursa kian menghitung hari.

Dalam penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) PT GoTo Gojek Tokopedia menawarkan sebanyak 48 miliar saham baru Seri A dengan kemungkinan ditingkatkan sampai dengan sebanyak-banyaknya 52 miliar saham baru dan mewakili hingga 4,35% dari modal ditempatkan dan disetor perusahaan setelah selesainya IPO.

Dengan jumlah saham yang ditawarkan, perusahaan dapat mengumpulkan dana setidaknya Rp 15,2 triliun atau sekitar US$ 1,1 miliar, dengan tambahan Rp 2,3 triliun atau sekitar US$160 juta dari greenshoe.  

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan, langkah ini adalah salah satu momen paling membanggakan dalam sejarah perusahaan, yang memasuki tahap akhir untuk menjadi perusahaan terbuka yang tercatat di BEI.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum Retinol agar Wajah Bebas Kerutan dan Bekas Jerawat, Cobain Yuk!

Dia melanjutkan, Indonesia adalah salah satu pasar dengan pertumbuhan terbesar dan paling menarik di dunia, sebagaimana tercermin dari ketahanan pasar modal, di tengah volatilitas pasar global tahun ini. “Kami berharap IPO GoTo akan menunjukkan kepada dunia peluang luar biasa yang ada di Indonesia dan di seluruh kawasan Asia Tenggara,” ujarnya.

Menurut Andre, kekuatan bisnis GoTo adalah bahwa perusahaan ini lebih dari sekadar sekumpulan perusahaan.  Ekosistem layanan on-demand, e-commerce, dan financial technology GoTo menghubungkan jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan merchants, dengan misi mendorong kemajuan bagi semua orang di tengah pertumbuhan cepat ekonomi digital.

“Kami bangga bahwa dari kesederhanaan di awal kami berdiri, kami mendapatkan kepercayaan dari jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang, serta didukung oleh berbagai investor global terkemuka dan saat ini tengah mengambil langkah selanjutnya untuk menjadi perusahaan terbuka yang tercatat di Indonesia,” kata Andre.

Baca Juga: Promo GoPay-Telkomsel Maret 2022, Beli Paket Data OMG Dapat Bonus Kuota!


GoTo adalah ekosistem unik yang menggabungkan layanan on-demand, e-commerce, dan financial technology melalui platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Integrasi ketiga bisnis dalam satu ekosistem ini membawa sinergi yang kuat, dan menjadi keunggulan GoTo, yang antara lain didukung oleh pendekatan hyperlocal dengan jaringan layanan yang kuat kemampuan untuk menghadirkan program loyalitas konsumen lintas platform, serta penawaran layanan keuangan yang luas dan komprehensif di berbagai aktivitas penggunaan (use case). 

Berdasarkan prospektus ringkas, harga penawaran IPO GoTo ditetapkan  Rp 316 sampai Rp 346 per saham. Dengan begitu kapitalisasi pasar saat pencatatan saham di BEI diperkirakan mencapai antara Rp 376,6 triliun atau US$ 26,2 miliar dan Rp 413,7 triliun atau USD28,8 miliar.

Disamping itu, GoTo berencana menggunakan dana hasil IPO, setelah dikurangi biaya emisi, untuk modal kerja guna mendukung strategi pertumbuhan perusahaan. Grup GoTo akan melakukan penawaran awal (book building) antara 15-21 Maret 2022. Masa penawaran umum ditargetkan akan dilakukan pada 29-31 Maret 2022. Pencatatan di papan utama BEI dengan kode saham GOTO akan dilakukan dalam beberapa minggu ke depan.

GoTo telah menunjuk PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi efek atau joint lead underwriters untuk IPO. Rincian IPO telah diumumkan pada acara Paparan Publik yang berlangsung hari ini, Selasa, 15 Maret 2022. 

Baca Juga: Promo PayLater di Tokopedia, Bayar Belanjaan Dapat Diskon Rp100.000!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News