Santai

Gimana Sih Cara Agar Terhindar dari Scam? Cek 4 Tipsnya di Sini

Gimana Sih Cara Agar Terhindar dari Scam? Cek 4 Tipsnya di Sini

MOMSMONEY.ID - Masih jadi kasus yang banyak dialami beberapa kalangan di Indonesia, ketahui beberapa cara agar tidak kena tipu berikut.

Kasus penipuan atau scam masih marak terjadi di Indonesia. Baru-baru ini menjadi viral adalah kasus penipuan konser yang dialami oleh anak-anak muda hingga dewasa.

Penipuan atau scam sendiri sudah banyak terjadi namun tak banyak orang yang menyadarinya.

Agar tidak mudah kena tipu atau scam, simak beberapa cara terhindar dari penipuan berikut ini.

Baca Juga: Biar Enggak Kena Tipu, Tonton 6 Rekomendasi Film Bertema Scam Ini

Hindari memberi informasi pribadi

Saat sudah terlanjur merespons panggilan atau pesan yang aneh, hindarilah untuk memberikan informasi pribadi pada sang penelepon.

Melansir dari laman Federal Trade Commission of Consumer Advice, sebuah organisasi besar yang jujur dan bonafit tidak akan menelepon atau mengirim pesan untuk meminta data pribadi anggotanya.

Seperti nomor pin maupun nomor kartu kredit dan akun bank. Sebaiknya hindari mengakses link yang diberikan dalam pesan tersebut agar terhindar dari pelacakan ID yang sering dilakukan oleh para penipu.

Abaikan nomor tak dikenal

Kasus penipuan masa kini banyak yang menggunakan media digital dan melalui gadget. Dari mulai telepon, mengirim pesan di ponsel, hingga melalui sosial media pun bisa terjadi.

Cara agar terhindar dari penipuan macam ini adalah dengan mengabaikan panggilan maupun pesan dari nomor tidak dikenal. Jika terlalu mengganggu, jangan ragu untuk block nomor tersebut.

Baca Juga: Ketahui Cara Blokir Telepon Penipuan di iPhone agar Tetap Aman, Pakai Tips Ini

Perhatikan transaksi

Para penipu yang melakukan scam atau penipuan selalu meminta korbannya untuk melakukan transaksi dalam durasi yang singkat.

Beragam alasan digunakan agar para korban bisa memberikan uang atau mentransfer beberapa uang pada mereka saat itu juga.

Cobalah lebih perhatian pada tanda yang satu ini. Kebanyakan dari pelaku penipuan juga menggunakan transaksi yang mencurigakan. Seperti meminta korbannya untuk melakukan transaksi via online dan transfer di rekening pribadi.

Hati-hati saat belanja online

Semakin hari para penipu pun juga semakin pintar dalam mengakali korbannya. Banyaknya plaform jualan online bisa mempermudah aksi para penipu. Seperti kasus penipuan tiket konser yang banyak terjadi di plaform online.

Hati-hatilah pada tawaran-tawaran tak masuk akal yang ditawarkan di mall online maupun sosial media. Laman Scam Watch menyarankan agar pengguna aplikasi belanja online untuk hanya melakukan transaksi di toko-toko tepercaya saja.

Pertimbangkan juga untuk tidak menggunakan mata uang kripto jika ingin melakukan transaksi secara online. Karena tidak adanya perlindungan yang sama jika menggunakan opsi tersebut dibanding dengan menggunakan metode transaksi lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa cara dan tips yang bisa diperhatikan agar terhindar dari ancaman scam atau penipuan. Tetap berhati-hati, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News