Santai

Gagal Final Piala Dunia 2022, Begini Perjalanan Kroasia Hingga Lolos Semifinal

Gagal Final Piala Dunia 2022, Begini Perjalanan Kroasia Hingga Lolos Semifinal

MOMSMONEY.ID - Perjalanan Kroasia cukup bersinar hingga babak semifinal Piala Dunia 2022. Meski, saat bertemu Argentina, Kroasia harus menghentikan langkahnya. Kini Kroasia perlu satu kali berlaga memperebutkan juara 3 Piala Dunia 2022. 

Jika menilik perjalanan Kroasia di Piala Dunia, tim The Eternal Underdogs ini telah tiga kali masuk di babak empat besar Piala Dunia. Tim ini lolos semi-final Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Brasil. 

Di semi final, Kroasia lumpuh di bawah tekanan Argentina. Tendangan penalti Lionel Messi dan dua gol dari Julian Alvarez menaklukan tim yang tengah bersinar dan jadi sorotan di Piala Dunia 2022 ini. Kroasia pun, yang ahli dalam babak adu penalti tak mampu membobol gawang Argentina. 

Baca Juga: Hasil 8 Besar Piala Dunia Qatar 2022 Tadi Malam, Brazil vs Kroasia Sajikan Game Ketat

Sebelumnya, saat lawan Brasil, kedua tim ini bermain imbang hingga babak perpanjangan habis. Hingga akhinya, Brazil dan Kroasia harus adu penalti. Beruntung, Kroasia punya penjaga gawang Dominik Likovic yang ketat menjaga gawangnya. 

Melansir FIFA, Kroasia termasuk tim yang jarang muncul dalam prediksi para pengamat untuk mengangkat piala juara pertama Piala Dunia FIFA. Namun dalam dua Piala Dunia yakni tahun 1998 dan 2018 Kroasia lolos ke semi final. 

Di Piala Dunia Qatar 2022 ini, akan menjadi kali ketiga bagi Kroasia untuk masuk ke semifinal. Perjalanan Kroasia yang cukup mengejutkan. 

Perjalanan Kroasia saat pertama kali lolos ke semi-final adalah di tahun 1998 mengalahkan Jerman. Di semi final Piala Dunia Prancis 1998, Kroasia harus kalah dari Prancis 1-2. Hingga akhirnya Kroasia berada di posisi ketiga, mengalahkan Belanda. 

Kali kedua perjalanan Kroasia berhasil masuk babak semi final di Piala Dunia Rusia 2018. Untuk lolos ke semi final, Kroasia mengalahkan tuan rumah, Rusia dengan adu penalti 4-3. Di semi final, Kroasia mengalahkan Inggris dengan skor 2-1. Kroasia jadi juara 2 di Piala Dunia 2018 kalah dari Prancis. 

Kali ketiga, perjalanan Kroasia kembali masuk ke babak semi final setelah mengalahkan Brasil melalui adu penalti. Di semi final Piala Dunia 2022, Anda akan menyaksikan pertandingan Kroasia vs Argentina. 

“Kami adalah negara kecil dan sudah terbiasa dengan itu (diremehkan). Semua sama, sekali lagi kami adalah salah satu dari empat tim terbaik di dunia,” kata Luka Modric kepada FIFA setelah menang atas Brasil. 

Masih melansir FIFA, Kroasia juga tercatat sebagai tim yang berhasil masuk semi-final UEFA Nations League. Ini membuktikan bahwa perjalanan Kroasia di Piala Dunia Qatar 2022 ini bukan kebetulan atau keberuntungan. 

Baca Juga: Bertemu Kembali di Perempat Final Piala Dunia 2022, Begini Kroasia vs Brasil di 2014

Kroasia juga saat ini punya pemain yang secara individual punya kualitas yang apik. Misalnya Luka Modric, sang kapten berusia 37 tahun ini. Modric, yang memeluk Rodrygo usai menang lawan Brazil, teman satu timnya di Real Madrid, dinilai sebagai gelandang tengah yang sempurna. 

Ada juga Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, Dejan Lovren-Josko Gvardiol dan Dominik Livakovic. Dominik, bahkan sejauh ini jadi salah satu penjaga gawang terbaik di Piala Dunia 2022. 

Demikian rangkuman singkat perjalanan Kroasia di Piala Dunia 2022, The Eternal Underdogs. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News