Bugar

Fakta Seputar Diet Karbo yang Perlu Anda Ketahui sebelum Mencoba

Fakta Seputar Diet Karbo yang Perlu Anda Ketahui sebelum Mencoba

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa fakta seputar diet karo yang perlu Anda ketahui sebelum mencoba, biar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Diet karbo merupakan salah satu metode untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda coba lakukan.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjalani diet ini, ada baiknya bila Anda mengetahui lebih dulu fakta seputar diet karbo. 

Diet karbo dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat atau menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi untuk menurunkan berat badan. 

Contoh makanan berkarbohidrat adalah pasta, roti, nasi, sereal, serta buah dan sayur yang mengandung karbohidrat. 

Tak hanya menurunkan berat badan, dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa fakta yang dapat Anda ketahui tentang diet karbo, antara lain:  

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah 5 Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh

1. Keberhasilan diet lebih cepat

Dibandingkan dengan diet rendah lemak, diet karbohidrat lebih cepat memberikan hasil terhadap penurunan berat badan. 

Tidak mengherankan, timbunan gula darah yang menjadi lemak akan dibakar dan diubah menjadi energi. Sementara itu, lemak menjadi salah satu penyebab tubuh menjadi gemuk. 

Saat mengurangi asupan karbohidrat, gula darah yang masuk ke tubuh menjadi terbatas, sehingga tubuh menggunakan lemak sebagai pengganti energi. 

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Diet karbo dipercaya dapat mencegah atau memperbaiki kondisi kesehatan yang serius, seperti sindrom metabolik, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular. 

Selain itu, diet karbo juga bisa meningkatkan kolesterol baik atau HDL, sehingga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

Namun, belum ada cukup bukti yang mendukung klaim tersebut, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Baca Juga: Apakah Gula Stevia Lebih Sehat dari Gula Biasa? Ini Penjelasannya

3. Menurunkan gula darah

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti putih dan pasta, mengandung indeks glikemik tinggi. 

Artinya, makanan tersebut bisa menyebabkan peningkatan gula darah secara tiba-tiba. Jika tidak digunakan, gula darah tersebut akan disimpan sebagai lemak. 

4. Mempercepat pembakaran lemak

Dalam kondisi normal, tubuh menggunakan karbohidrat untuk dijadikan bahan bakar atau energi. 

Ketika lemak dibakar dan menjadi sumber energi utama, berat badan pun akan berkurang. 

Ketika asupan karbohidrat berkurang secara drastis saat diet, metabolisme akan memasuki proses ketosis, yaitu membakar lemak untuk mendapatkan sumber energi. 

Perlu Anda ingat bahwa kebutuhan kalori dan energi setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, aktivitas sehari-hari, dan kondisi kesehatan. 

Jika Anda ingin melakukan diet karbo, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk memastikan apakah pola makan tersebut aman dan sesuai kondisi kesehatan.

Itulah beberapa fakta seputar diet karo yang perlu Anda ketahui sebelum mencoba, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News