Bugar

Apakah Gula Stevia Lebih Sehat dari Gula Biasa? Ini Penjelasannya

Apakah Gula Stevia Lebih Sehat dari Gula Biasa? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Inilah penjelasan tentang gula stevia pengganti gula biasa yang lebih menyehatkan. 

Gula stevia mulai banyak dilirik sebagai pengganti gula biasa karena rasanya yang lebih manis dan tidak mengandung kalori. 

Gula stevia bisa dimanfaatkan bagi penderita penyakit tertentu yang harus membatasi konsumsi gula dalam diet harian. 

Karena memiliki rasa yang jauh lebih manis daripada gula biasa, gula stevia tidak perlu digunakan dalam jumlah terlalu banyak sebagai pemanis makanan atau minuman. 

Jika Anda terbiasa menambahkan 2 sendok teh gula dalam kopi atau teh, dengan gula stevia Anda cukup menggunakan 1 sendok teh. 

Sebagai perbandingan, dalam satu sendok teh gula biasa terdapat 16 kalori dan 4 gram karbohidrat, sedangkan dalam 1 sendok teh gula stevia terdapat 0 kalori dan hanya 1 gram karbohidrat. 

Baca Juga: Moms, Kenali 5 Penyebab Sakit Perut Melilit agar Bisa Mengatasinya dengan Tepat

Dengan berkurangnya jumlah pemanis yang dikonsumsi, berikut adalah beberapa kemungkinan manfaat gula stevia yang bisa dirasakan, dirangkum  dari Mayo Clinic, antara lain: 

1. Baik untuk diabetes 

2. Membantu mengurangi berat badan 

3. Menurunkan tekanan darah 

4. Menurunkan kadar kolesterol 

5. Mencegah risiko terkena penyakit ginjal 

Menurut penelitian, gula stevia diduga efektif dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit ginjal karena dapat membantu mencegah penyakit diabetes dan darah tinggi. 

Penelitian ini juga menyatakan, gula stevia merupakan alternatif pemanis yang lebih baik untuk penderita gagal ginjal. 

Baca Juga: Kenali Manfaat Obat Aminophylline, Bisa Meredakan Mengi

Hingga saat ini, gula stevia sudah terbukti aman untuk dikonsumsi dan lebih menyehatkan dari gula biasa.

Namun, Anda harus tetap memperhatikan asupan makanan dan minuman sehari-hari agar jumlah gula dan kalori yang dikonsumsi tidak berlebihan. 

Batasan asupan gula untuk pria adalah 37,5 gram atau 9 sendok teh per hari. Sedangkan untuk wanita sebanyak 25 gram atau 6 sendok teh per hari. 

Perlu diingat, mengonsumsi makanan bebas gula bukan berarti Anda terbebas dari kalori. Kalori bisa didapat dari bahan lainnya pada makanan atau minuman tersebut. 

Selain itu, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat karena mengandalkan gula stevia saja tidak cukup untuk menjaga kadar gula di dalam tubuh. 

Jika Anda menderita diabetes, Anda dianjurkan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran pengganti gula yang sesuai beserta batasannya. 

Itulah penjelasan tentang gula stevia pengganti gula biasa yang lebih menyehatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News