HOME, Keluarga

Doyan Masak? Ikuti 4 Langkah Ini Agar Kukis Tahan Lama

Doyan Masak? Ikuti 4 Langkah Ini Agar Kukis Tahan Lama

MOMSMONEY.ID - Membuat kukis atau kue kering memang cukup mudah. Namun nyatanya, perlu beberapa tips yang bisa anda lakukan agar kukis dapat terjaga masa ketahanannya.

Sebabnya, ketahanan kukis dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor saat anda memasak, salah satunya adonan. Adonan dengan kualitas baik & higienis nyatanya mampu membuat kukis jadi lebih tahan lama loh, Moms!

Bagi Anda yang suka memasak berbagai jenis kukis atau kue kering baik untuk keperluan bisnis ataupun untuk suguhan tamu, ada baiknya anda menyimak artikel yang satu ini!

Merangkum dari Pondan, berikut 4 langkah yang bisa Anda lakukan agar kukis tahan lama, selelngkapnya!

Baca Juga: Resep Red Velvet Almond Butter Cookies Spesial Menyambut Hari Kemerdekaan

Pilih Bahan Berkualitas

Adonan

Baca Juga: Ide Resep Hidangan Manis yang Cocok Disantap Kala Bersantai di Sore Hari

Memilih bahan-bahan yang berkualitas sangat berpengaruh dalam pembuatan berbagai makanan manis, salah satunya kukis.

Dalam membuat kukis, bahan berkualitas baik dapat memengaruhi beberapa faktor, seperti:

  • Rasa
  • Tingkat kerenyahan
  • Periode kedaluwarsa atau ketahanan kukis

Langkah yang perlu dilakukan ada 2 cara, yakni melihat brand & melihat tanggal kedaluwarsa. Kedua hal ini sangat penting dilakukan, terutama pada cara kedua.

Pada cara kedua, tanggal kedaluwarsa bahan-bahan dapat memengaruhi kesegaran dan rasa kukis yang aka anda buat nanti. Pastikan anda selalu memilih bahan-bahan yang masih fresh agar kukis yang dibuat dapat tahan lama.

Baca Juga: 4 Kesalahan dalam Memasak Kue yang Sering Dilakukan Pemula

Kebersihan

Selalu pastikan agar adonan kukis yang Anda buat terjaga kebersihannya. Ini penting dilakukan, sebab kukis yang higienis dapat tahan lebih lama dibandingkan dengan yang kurang higienis.

Anda diwajibkan untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh adonan. Cuci juga semua peralatan secara bersih setelah pemakaian. Ini untuk menghindari berkembangnya bakteri dalam alat memasak, agar tidak masuk ke dalam adonan.

Adonan yang higienis dan dijaga kebersihannya akan memiliki tingkat ketahanan yang cukup lama, karena terhindar dari bau apek & jamur.

Baca Juga: 4 Tips Mengukus Kue yang Sukses dan Tidak Bantat

Bahan Bersuhu Ruang

Langkah selanjutnya agar kukis yang dihasilkan dapat tahan lama adalah dengan memilih beberapa bahan dengan suhu ruang. Bahan-bahan ini adalah mentega & susu.

Pemilihan bahan bersuhu ruang bisa dilakukan agar kukis yang dihasilkan bertekstur lembut & aroma khas kukis dapat menempel lebih kuat.

Jangan pernah memakai bahan-bahan ini dalam suhu dingin & masih beku karena akan sulit untuk diratakan. Akibatnya, kukis akan keras.

Baca Juga: Apa sih Bedanya Cupcake & Muffin? Yuk, Cari Tahu!

Dinginkan Sebelum Masuk ke Toples

Agar menjaga kukis bisa tahan lebih lama, maka pastikan kukis yang baru keluar dari oven harus didinginkan terlebih dahulu.

Kukis yang masih panas ataupun hangat apabila langsung dimasukkan ke dalam toples bening tertutup, maka akan membuat kukis melempem. Nantinya, kukis akan mudah berjamur karena uap air pada kukis panas tidak bisa keluar dengan baik.

Pastikan agar kukis benar-benar bersuhu dingin sebelum Anda memasukkannya ke dalam toples terturup yang rapat.

Selanjutnya: Promo KFC The Best Thursday TBT Hadir Kembali, 10 Potong Ayam Hanya Rp 90.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News