HOME, Keluarga

Dikenal Elegan, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Meja Dapur Berbahan Marmer

Dikenal Elegan, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Meja Dapur Berbahan Marmer

MOMSMONEY.ID - Marmer merupakan salah satu material bangunan yang banyak digunakan sebagai meja dapur.

Memang, bahan yang satu ini menawarkan berbagai keunggulan sehingga cukup digemari oleh pemilik rumah. Misalnya, marmer memiliki tampilan yang akan membuat dapur Anda terlihat mewah.

Namun, di balik segala keunggulan atau kelebihan yang dimilikinya, meja dapur berbahan marmer juga memiliki kekurangan tersendiri. Jadi, jika Anda ingin menggunakan marmer sebagai bahan meja dapur, ada baiknya mempertimbangkan kelebihan sekaligus kekurangannya.

Nah, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan meja dapur marmer? Dirangkum dari Hunker dan House Beautiful, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mau Bikin Suasana ala Spa di Rumah? Simak Triknya, Yuk!

Kelebihan Meja Dapur Marmer

Tampilannya elegan

Sudah bukan rahasia lagi bila marmer banyak disukai karena tampilannya yang elegan. Memiliki permukaan yang halus dengan motif bergaris, marmer dapat membuat interior dapur Anda terlihat mewah dan mahal dalam sekejap.

Merupakan batu alam

Sama dengan granit, marmer merupakan bahan atau material yang banyak ditemukan di alam. Oleh karena itu, tidak ada marmer yang memiliki motif yang sama persis. Selain itu, marmer memiliki banyak pilihan warna natural yang bisa dikombinasikan dengan warna dan gaya apapun.

Tahan lama

Marmer tergolong bahan yang dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun, sehingga marmer bisa menjadi investasi jangka panjang yang baik untuk tampilan dapur Anda. Namun, tentu saja penggunaan marmer harus dibarengi dengan perawatan yang baik sehingga bisa bertahan lama.

Baca Juga: Plafon di Rumah Rendah? Ini Cara Mengakalinya Supaya Terlihat Tinggi

Kekurangan Meja Dapur Marmer

Harganya cenderung mahal

Dibandingkan dengan bahan meja dapur lainnya, marmer termasuk bahan yang cenderung mahal sehingga mungkin tidak terjangkau sebagian kalangan. Namun, Anda bisa saja menemukan beragam variasi marmer yang lebih terjangkau dengan budget yang dimiliki.

Bobotnya berat

Karena termasuk batu alam, marmer memiliki bobot yang cukup berat. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menyewa tenaga profesional saat akan memasang marmer di rumah. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan marmer yang dibentuk menjadi lembaran ubin sehingga tidak terlalu memberatkan.

Baca Juga: Hindari, Ini Beberapa Kesalahan Saat Memilih Warna Cat Rumah

Mudah terkena noda

Jika Anda memiliki meja dapur berbahan marmer, siap-siap untuk membersihkannya secara rutin. Pasalnya, marmer tergolong bahan berpori yang dapat menyerap cairan di atas permukaannya, sehingga tumpahan makanan dan minuman seperti anggur, kopi, dan saus bisa meninggalkan bekas yang sulit hilang.

Perawatannya rumit

Marmer merupakan material yang membutuhkan high-maintenance atau perawatan yang teliti. Selain mudah terkena noda, marmer juga mudah tergores, retak, hingga pecah.

Oleh karena itu, perlakukan meja marmer secara hati-hati dengan tidak memotong makanan langsung di atas marmer, tidak meletakkan panci yang masih panas, hingga tidak meletakkan panci atau benda berat dengan cara dibanting.

Itulah kelebihan dan kekurangan meja dapur berbahan marmer yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News