Santai

Di Balik Harga Rp 52 Juta, Ini 5 Hal yang Disebut Kekurangan Apple Vision Pro

Di Balik Harga Rp 52 Juta, Ini 5 Hal yang Disebut Kekurangan Apple Vision Pro

MOMSMONEY.ID - Headset Apple Vision Pro AR/VR menjadi perbincangan hangat di media sosial. Namun, di balik harga Rp 52 juta, ada kekurangan Apple Vision Pro. 

Apa saja yang dianggap kekurangan Apple Vision Pro? Artikel ini akan menjelaskan mengenai beberapa kekurangan Apple Vision Pro. 

Apple Vision Pro memiliki fitur canggih dan tentunya menarik. Akan tetapi, beberapa fitur canggih yang dihadirkan Apple disebut sebagai kekurangan Apple Vision Pro. 

Mengutip Make Use Of, berikut 5 hal yang disebut kekurangan Apple Vision Pro:

Baca Juga: Simak Spesifikasi dan Harga Apple Vision Pro, Bakal Dirilis Kapan?

1. Harga terlalu mahal

Harga Apple Vision Pro cukup mahal dan tinggi. Bahkan, harganya bisa untuk membeli empat unit iPhone 14. 

Memang, membuat produk dengan teknologi canggih ini memerlukan banyak biaya di muka, membutuhkan penelitian bertahun-tahun, dan memiliki perangkat keras bawaan premium.

Tapi, harga yang tinggi seketika membuat produk tersebut tidak dapat diakses oleh sebagian besar pembeli yang berminat. Artinya, hanya penggemar Apple yang kaya yang dapat merasakannya.

2. Masa pakai baterai yang singkat

Apple Vision Pro

Apple Vision Pro menawarkan penggunaan hanya dua jam saat tidak dicolokkan ke sumber daya. Itu bahkan tidak cukup lama untuk menonton film. 

Baca Juga: Daftar iPhone Tidak Bisa Update iOS 17, Cek Ponsel Anda

3. Foto dan video spasial

Salah satu fitur Apple Vision Pro adalah mengambil foto dan video spasial. 

Sama seperti cara Anda mengambil foto dan video di iPhone dan melihatnya nanti di galeri, Anda dapat mengambil foto dan video 3D di headset Vision Pro dan melihatnya nanti dalam AR. 

Idenya mungkin terdengar menarik sampai Anda menyadari penerapannya di dunia nyata sangat buruk. 

Bayangkan, Anda bersenang-senang dengan keluarga atau teman, dan untuk mengabadikan momen indah ini, Anda mengeluarkan headset raksasa ini dan mengeklik tombol di atasnya untuk mulai merekam apa yang terjadi.

Jika produknya terlihat seperti kacamata biasa, menangkap foto atau video spasial akan terlihat jauh lebih alami. 

4. Tidak memiliki feedback haptic

Memang mengesankan bahwa Vision Pro dikendalikan bukan oleh pengontrol tetapi dengan mata, tangan, dan suara Anda sendiri, memungkinkan Anda melakukan navigasi sistem, pemilihan item, dan dikte.

Teknologi yang masuk ke dalam membuat pengalaman yang mulus seperti itu tentu patut dipuji. Tapi, ide ini memiliki satu kelemahan fatal: tidak ada umpan balik haptic sama sekali.

Baca Juga: Sudah Mulai Turun, Ini Dia Harga HP iPhone 13 Pro Max di Bulan Mei 2023

5. Terlihat antisosial

Apple telah mencoba untuk mengurangi getaran antisosial yang biasanya diberikan oleh headset dengan menambahkan layar OLED di penutup depan yang menunjukkan mata Anda kepada orang lain saat Anda berada dalam AR. 

Saat Anda berada dalam realitas virtual, itu menunjukkan animasi gradien warna-warni, yang menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda tidak dapat melihatnya dan Anda terlibat dalam suatu aktivitas.

Masalahnya adalah terlihat sangat aneh dari luar. Dengan cara yang sama seperti memakai earphone dapat memberikan getaran "jangan bicara padaku", mengenakan headset di tempat umum atau bahkan di rumah juga dapat membuat orang menjadi lebih antisosial. 

Itulah beberapa hal yang disebut sebagai kekurangan Apple Vision Pro. Meski demikian, apakah Anda masih tertarik membelinya? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News