HOME, Keluarga

Daun Tanaman Hias Anda Menguning? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

Daun Tanaman Hias Anda Menguning? Ini 5 Kemungkinan Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mendapati daun tanaman hias menguning? Jika iya, kondisi daun menguning ini disebut sebagai klorosis, gejala yang disebabkan oleh kurangnya klorofil yang diproduksi oleh dedaunan.

Ada beberapa alasan mengapa klorosis bisa terjadi. Terkadang proses daun menguning ini sangat alami, tetapi sebenarnya juga dapat disebabkan oleh penyakit atau hama.

Lebih jelasnya, dilansir dari Homeguides.sfgate.com, berikut beberapa alasan yang menyebabkan daun tanaman hias Anda menguning.

Baca Juga: Rekomendasi Macam-Macam Tanaman Air untuk Aquascape Pemula

Perubahan Warna Alami

Umumnya, daun tanaman sangat mungkin mengalami perubahan warna yang kemudian gugur jatuh ke tanah. Ini bukan hal yang mengkhawatirkan karena proses ini alami terjadi yang disebabkan oleh penuaan. Terutama, jika tanaman hias Anda sudah berumur cukup tua. Namun, itu semua bergantung pada frekuensi dan jumlah daun.

Terbakar Sinar Matahari

Sunscald atau terbakar sinar matahari adalah salah satu penyebab daun tanaman menguning. Itulah kenapa setiap tanaman memiliki persyaratan tertentu untuk paparan sinar matahari. Jika berlebihan paparan sinar matahari, hasilnya adalah daun terbakar.

Gejalanya berupa lesi kuning pada jaringan tanaman yang sering berubah warna menjadi cokelat dan mati. Reaksi ini juga dapat terjadi bila tanaman kekurangan penyiraman.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengenal jenis tanaman Anda, seperti seberapa banyak dia memerlukan sinar matahari dan penyiramannya.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Hal Penyebab Tanaman Gampang Layu

Ketidakseimbangan Kondisi Tanah

Sama seperti makhluk hidup lainnya, tanaman pun membutuhkan mineral dan nutrisi untuk pertumbuhannya. Dalam beberapa kasus, daun menguning juga disebabkan oleh kondisi tanah yang kekurangan nutrisi, seperti zat besi, seing, atau nitrogen.

Dilansir dari The Spruce, daun menguning juga bisa disebabkan oleh tanah yang terlalu basa bagi tanaman. Tanah alkalin berhubungan langsung dengan defisiensi unsur hara.

Pada tanah dengan pH di atas 7, unsur hara besi kurang terlarut sehingga terjadi kekurangan. Itulah kenapa ada beberapa tanaman yang menyukai tanah masam karena kebutuhan zat besi yang tinggi.

Drainase yang Buruk

Menyirami mungkin tak pernah terlewat oleh Anda, tetapi hati-hati dengan penyiraman yang tidak tepat. Sebab, baik kelebihan atau kekurangan penyiraman air dapat menyebabkan daun menguning. Jika Anda kesulitan untuk menentukannya, Anda dapat memperhatikan kondisi tanahnya. Bila terasa kering, Anda baru bisa menyiami tanaman.

Namun, ada baiknya Anda mengenal dahulu karakter tanaman. Dengan begitu Anda dapat mengetahui tingkat kelembapan dan kekeringan yang dibutuhkannya.

Hama dan Penyakit

Tentu saja serangan hama dan penyakit dapat menyebabkan masalah pada tanaman Anda. Daun menguning adalah salah satunya. Hama ini dapat berupa kutu daun, tungau, ulat, dan lalat putih. Mereka memakan bagian dari tanaman dan menyebabkan kerusakan.

Sementara penyakit yang menyerang tanaman dapat berupa jamur, bakteri, atau virus.  Jamur seperti layu verticillium menyebabkan dedaunan menguning dan tak ada obatnya.

Lainnya, seperti penyakit karat, menyebabkan pustula kuning terbentuk pada daun dan dapat diobati dengan fungisida. Sementara bakteri menyebabkan masalah bercak daun menguning atau tepi daun menguning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News