HOME, Keluarga

Rekomendasi Macam-Macam Tanaman Air untuk Aquascape Pemula

Rekomendasi Macam-Macam Tanaman Air untuk Aquascape Pemula

MOMSMONEY.ID - Aquascape adalah sebuah seni mendekorasi akuarium dengan tanaman dan elemen-elemen lainnya, sehingga terbentuk sebuah ekosistem bawah laut. Tanaman yang digunakan tentunya merupakan tanaman yang hanya bisa hidup di air.

Tanaman air ini tak hanya berfungsi sebagai dekorasi saja. Akan tetapi, secara alami juga akan bermanfaat untuk menyaring air, menyediakan tempat berlindung ikan, dan bahkan sebagai tempat berkembangbiakan ikan.

Ada berbagai macam tanaman air yang dapat digunakan. Namun, dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk memilih tanaman agar cocok dengan tema aquascape yang ingin dibuat.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias yang Tidak Perlu Disiram Setiap Hari

Jika Anda baru memulai aquascape dan tak ingin terlalu repot mengurusnya, ada banyak pilihan tanaman air yang mudah untuk dirawat. Aspek kemudahan ini dinilai dalam menanam, kebutuhan cahaya dan CO2, serta pengembangbiakannya.

Akan tetapi, Anda juga dapat membeli tanaman air yang siap pakai di toko akuarium. Dilansir dari modernaquarium.com, berikut beberapa pilihannya untuk Anda.

Pakis Jawa atau Pakis Lidah

Pakis jawa atau pakis lidah adalah sejenis paku-pakuan yang biasa ditaruh di akuarium. Pakis jawa dapat menyerap nutrisi dari air melalui daun dan akar.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik bahkan dalam pencahayaan sedang dan cukup kuat untuk berada di akuarium dengan berbagai ikan yang riuh. Pakis jawa atau lidah juga tidak membutuhkan karbon dioksida yang ekstra atau pupuk tanaman.

Namun, Anda harus menempatkannya di dalam air dengan suhu 22-25 derajat celcius. Anda dapat menempatkannya di setiap area akuarium dengan menempelkannya pada permukaan keras seperti batu atau kayu apung.  

Amazon Sword

Amazon sword adalah tanaman air yang cocok untuk pemula. Seperti namanya, daun tanaman ini berbentuk seperti pedang. Panjang daun ini dapat mencapai 50 cm dan cukup kuat untuk berkembang dalam kondisi tangki yang bervariasi.

Tanaman amazon sword biasanya diletakkan di bagian belakang akuarium. Toleransi suhu air aquascape untuk tanaman ini adalah 22-27 derajat celcius. Akan tetapi, Anda membutuhkan CO2 tambahan karena tanaman ini tak bisa hidup tanpa CO2.

Anubias Nana

Di habitat aslinya, anubias nana dapat ditemukan di sungai. Tanaman ini sangat cocok untuk pemula karena tak membutuhkan perawatan yang rumit. Anubis nana tumbuh dengan perlahan, tetapi kuat dan akan tumbuh dengan baik meski lingkungan rendah cahaya.

Anubis nana dapat tumbuh hingga 15 cm dengan daun berwarna hijau gelap. Tanaman ini dapat bertahan di suhu air 22-28 derajat celcius. Anda dapat menempatkannya di berbagai sudut di dalam akuarium untuk menambah keindahan.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Jenis Tanaman Hias Berdaun Lebar yang Populer

Java Moss

Tanaman ini paling populer untuk aquascape. Tanaman ini sangat mudah tumbuh subur di wilayah beriklim tropis karena memang berasal dari Asia Tenggara. Biasanya ditemukan di daerah lembap, seperti di bebatuan atau batang pohon di tepi sungai.

Java moss tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Tanaman ini dapat tumbuh di air bersuhu 21-32 derajat celcius. Tanaman air java moss bermanfaat sebagai tempat berlindung anak-anak ikan yang baru lahir. Anda dapat meletakkan tanaman ini di bagian depan akuarium.

Dwarf Baby Tears

Dwarf baby tears merupakan salah satu tanaman karpet yang banyak dijadikan sebagai alas untuk beberapa gaya tertentu aquascape. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dengan tambahan CO2. Dengan begitu, tanaman ini akan menghasilkan gelembung-gelembung kecil oksigen.

Tanaman dwarf baby tears akan tumbuh lebat dengan mengikuti arah cahaya. Suhu yang cocok untuk tanaman karpet ini berkisar 22-23 derajat celcius.

Lumut Tanduk (Ceratophyllum Demercun)

Tanaman cepat tumbuh ini tidak memiliki akar dan dapat digunakan sebagai tanaman terapung atau tanaman batang tegak. Tanaman ini juga memenuhi banyak fungsi, termasuk menyerap nutrisi tambahan, mencegah pertumbuhan alga, dan memberikan tempat persembunyian bagi ikan muda.

Perawatan lumut tanduk sangat mudah. Pasalnya, dia tak membutuhkan jenis air tertentu atau pencahayaan yang cukup. Namun, tanaman ini dapat berkembang dalam suhu 15-30 derajat celcius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News